Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep warna sekunder pada Kelompok B Tk Hasyim Asyari Sedati Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoiroh, Umdatul (2022) Penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep warna sekunder pada Kelompok B Tk Hasyim Asyari Sedati Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umdatul Khoiroh_D98215073 ok.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang pemahamannya konsep warna sekunder pada anak kelompok B. Hal ini dibuktikan dari hasil belajar siswa dalam kemampuan pemahaman konsep warna sekunder, menunjukkan bahwa 17 siswa masih belum berkembang atau mulai berkembang dan 2 siswa mampu memahami konsep warna dengan baik. Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan metode eksperimen untuk meningkatkan pemahaman konsep wrna sekunder? dan bagaimana pemahaman konsep warna sekunder melalui metode eksperimen pada siswa kelompok B di Tanam Kanak-kanak Hasyim Asy’ari Sedati Sidoarjo? Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis Mc. Taggart. Penelitian ini terdiri dari pra siklus, siklus I dan siklus II. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, penilaian unjuk kerja dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif presentase. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) penerapan metode eksperimen dalam meningkatkan pemahaman konsep warna sekunder terbukti berhasil. Hal ini dapat dibuktikan dengan perolehan nilai akhir dari observasi penerapan metode eksperimen sebanyak 94,73. Nilai tersebut masuk pada kriteria sangat baik dengan penilaian 90-100. 2) terdapat peningkatan yang signifikan dalam pemahaman konsep warna pada anak memalui metode eksperimen. Hal ini dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa yang berkembang pada siklus I 47,36 (Mulai Berkembang) meningkat pada siklus II menjadi 94,73 (Berkembang sangat baik) dan memenuhi indikator yang diharapkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoiroh, Umdatulumdatulkhoiroh56@gmail.comD98215073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuallifah, Ilunilunmuallifah@yahoo.com2006076701
Thesis advisorMukhoiyaroh, Mukhoiyarohyaroh354@gmail.com2009047302
Subjects: Metode Pembelajaran
Pemikiran
Keywords: Pemahaman konsep warna sekunder; metode eksperimen
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Umdatul Khoiroh
Date Deposited: 17 Nov 2022 06:42
Last Modified: 17 Nov 2022 06:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58255

Actions (login required)

View Item View Item