Nilai deradikalisasi dalam antologi puisi KH. A. Musthofa Bisri: perspektif penafsiran Jorge J.E Gracia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kurniawan, Andika (2022) Nilai deradikalisasi dalam antologi puisi KH. A. Musthofa Bisri: perspektif penafsiran Jorge J.E Gracia. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Andika Kurniawan_E01216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Wacana radikalisme agama di Indonesia berkembang secara massif di masyarakat melalui berbagai macam cara dan saluran media. Hal ini jika dibiarkan akan mengancam keutuhan NKRI, maka tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menjawab permasalahan tersebut. Teori yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan hermenutika Jorge J.E Gracia. Adapun rumusan masalah yang dipakai peneliti antara lain: 1) Bagaimana nilai kontra radikalisme di balik antologi puisi moderasi karya A. Musthofa Bisri dalam menangkal radikalisme? 2) Bagaimana nilai kontra radikalisme antologi puisi moderasi A. Musthofa Bisri dalam telaah hermeneutika Jorge J.E Gracia? Penelitian ini menemukan sebuah hasil yaitu: Pertama, nilai moderasi dalam puisi yang bertemakan keislaman, kebangsaan dan lingkungan. Di mana puisi tersebut dalam upaya melawan narasi radikalisme menggunakan sajak-sajak kritikan dan sindiran pedas namun santun terhadap ideologi kelompok-kelompok radikal. Kedua, dimensi historis, puisi-puisi Gus Mus yang beliau tulis berlatar tahun 2000 an, dimana latar kondisi masalah yang mendasari Gus Mus menuangkan gagasannnya tersebut adalah dipicu dari adanya fenomena radikalisme agama. Dalam dimensi fungsi makna, menurut peneliti Gus Mus dengan cerdas dan elegan menuangkan kritikan-kritikan pedas dalam puisi-puisinya. Gus Mus terlihat betul berusaha melawan radikalisme melalui berbagai genre. Sedangkan dalam dimensi fungsi Implikasi, penafsir (peneliti) mengkaitkan gerakan perlawanan Gus Mus terhadap radikalisme dalam bingkai puisi-puisinya. Terbukti dengan adanya penurunan persentase radikalisme di Indonesia dari tahun-tahun berikutnya setelah puisi-puisi Gus Mus tersebut ditulis dan dipublish dalam sebuah buku dan disebar ke khalayak ramai.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kurniawan, Andikaandikakurniawan.tujuh@gmail.comE01216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmam, Muhammad Helmihelmi.umam@uinsby.ac.id197905042009011010
Subjects: Islam dan Humanisme
Kerukunan Beragama
Sastra
Keywords: Sastra moderat; antologi Puisi A. Musthofa Bisri; hermeneutika Jorge J.E Gracia
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Andika Kurniawan
Date Deposited: 22 Nov 2022 12:47
Last Modified: 22 Nov 2022 12:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58277

Actions (login required)

View Item View Item