Analisis problematika model pembelajaran Blanded Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SMAN 15 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pradana, Muhammad Bakhtiar (2022) Analisis problematika model pembelajaran Blanded Learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SMAN 15 Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M Bakhtiar Pradana _D91218146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini di latarbelakangi oleh adanya surat edaran dari pemerintah tentang ketentuan pelaksanaan pendidikan pada masa darurat pandemi yang mengatur adanya pembelajaran jarak jauh. Berbagai kendala pelaksanaan pendidikan jarak jauh membutuhkan model pembelajaran yang sesuai, diantaranya model pembelajaran blanded learning. Model pembelajaran blanded learning ini dilaksanakan dalam bentuk online dan offline. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji tentang problematika model pembelajaran blanded learning dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 15 Surabaya. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode kualitatif. Narasumber yang terlibat dalam penelitian ini adalah Kepala Sekolah, guru SMA Negeri 15 Surabaya dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan data dilakukan dengan triangulasi. Teknik analisis data mengacu pada analisis induktif data yang meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan penelitian ini, diperoleh hasil yang menyatakan bahwa, SMA Negeri 15 Surabaya melaksanakan model pembelajaran blanded learning yang berpedoman pada kurikulum darurat. Model pembelajaran blanded learning yang digunakan adalah station rotation model, dalam satu kelas siswa dibagi menjadi dua kelompok, kelompok satu mengikuti pembelajaran konvensional didalam kelas dan kelompok yang lain mengikuti pembelajaran daring di rumah. Adapun problematika yang terjadi selama pelaksanaan model pembelajaran tersebut diantaranya adalah 1) jaringan sinyal yang kurang stabil, 2) terbatasnya fasilitas penunjang belajar 3) adaptasi dengan model pembelajaran yang baru. Kata kunci: Model pembelajaran blanded learning, Media microsoft teams.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pradana, Muhammad Bakhtiarmbpradana150717@gmail.comD91218146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidirubaidi@uinsby.ac.id2010067101
Thesis advisorZuhri, Muhibbinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Model pembelajaran; Blanded Learning; mata pelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Kependidikan Islam
Depositing User: Muhammad Bakhtiar Pradana
Date Deposited: 23 Nov 2022 03:11
Last Modified: 23 Nov 2022 03:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58329

Actions (login required)

View Item View Item