Proses berpikir metaforis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Choiroh, Himatul (2022) Proses berpikir metaforis siswa SMP dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Myers-Briggs Type Indicator (MBTI). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himatul Choiroh_D74216054.pdf

Download (7MB)

Abstract

Berpikir metaforis adalah suatu aktivitas mental yang dilakukan siswa didasari dengan pengetahuan awal yang dimilikinya guna memahami, menjelaskan dan menalar konsep-konsep (permasalahan) dalam matematika. Berpikir metaforis dapat dipengaruhi oleh tipe kepribadian ataupun kemampuan siswa itu sendiri dalam memahami suatu permasalahan. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan proses berpikir metaforis siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari tipe kepribadian Myress-Briggs Type Indicator (MBTI). Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, subjek penelitian terdiri dari dua siswa bertipe kepribadian Extrovert-Sensing-Thinking-Judging (ESTP) dan dua siswa bertipe kepribadian Extrovert-Sensing-Thinking-Perceiving (ESTJ) dari kelas VII SMP Jati Agung Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis, wawancara, dan kemudian dianalisis berdasarkan indikator pada tahap-tahap berpikir metaforis yang digambarkan dengan CREATE (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, dan Experience). Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bertipe kepribadian Extrovert-Sensing-Thinking-Judging (ESTJ) tahap connect mampu membuat perumpamaan metafora dari permasalahan KPK dan FPB yang diberikan. Tahap relate mampu menjelaskan hubungan konsep yang digunakan dengan permasalahan yang diberikan meskipun tidak sempurna. Tahap explore mampu menyelesaikan permasalahan dengan cara menggambarkan/menguraikan berdasarkan metafora yang telah dibuat. Tahap analyze mampu mendeskripsikan kesesuaian yang digunakan dalam menyelesaikan permasalahan aljabar. Tahap transform mampu menunjukkan jawaban dari permasalahan aljabar secara tepat dan tahap experience mampu menentukan permasalahan baru dari soal tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa subjek yang bertipe kepribadian Extrovert-Sensing-Thinking- Perceiving (ESTP) tahap connect mampu membuat perumpamaan metafora dari permasalahan KPK dan FPB dengan lancar. Tahap relate mampu menjelaskan hubungan konsep dengan permasalahan yang diberikan meskipun tidak sempurna. Tahap explore mampu memahami secara rinci mengenai informasi yang disajikan. Tahap analyze mampu mendeskripsikan kesesuaian dalam menyelesaikan permasalahan aljabar. Tahap transform dan experience dapat dilakukan dengan tepat hingga menemukan jawaban serata permasalahan aljabar yang baru.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Choiroh, Himatulhimatul2812@gmail.comD74216054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuparto, Supartozakfikam@gmail.com2002046903
Subjects: Matematika
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Berpikir metaforis; tipe kepribadian Myress-Briggs Type Indicator (MBTI); CREATE (Connect, Relate, Explore, Analyze, Transform, dan Experience).
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Himatul Choiroh
Date Deposited: 21 Nov 2022 07:21
Last Modified: 21 Nov 2022 07:21
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58331

Actions (login required)

View Item View Item