Pemaknaan masyarakat muslim terhadap tradisi siraman sedudo di desa Ngliman kecamatan Sawahan kabupaten Nganjuk

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Anisa Hanifatur (2022) Pemaknaan masyarakat muslim terhadap tradisi siraman sedudo di desa Ngliman kecamatan Sawahan kabupaten Nganjuk. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisa Hanifatur Rohmah_I73218029.pdf

Download (7MB)

Abstract

Tradisi Siraman Sedudo menurut masyarakat Muslim di Desa Ngliman merupakan bentuk asimilasi budaya Jawa- Islam yang menjadi identitas budaya masyarakat Ngliman secara umum sehingga memberikan efek dan pengaruh bagi kehidupan social pada masyarakat disana. Perbedaan pemaknaan dan persepsi tentu menjadikan sebuah hal yang wajar bagi setiap orang, untuk itu penelitian disini membahas terkait bagaimana makna tradisi Siraman Sedudo bagi masyarakat muslim disana. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kualitatif dengan pendekatan Fenomenologi. Peneliti mengamati secara langsung, berusaha menggalih dan memahami fenomena yang berlangsung dalam masyarakat muslim, untuk mencari tahu tentang makna dan penyebab mereka pemberian makna. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang terhimpun dianalisis melalui reduksi data, display data dan mengambil kesimpulan. Triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data. Masyarakat muslim Ngliman memaknakan Siraman Sedudo terbilang variatif yakni: (1) Makna dalam Kehidupan Sosial, yakni menjaga nilai budaya dalam masyarakat (2) Makna Masyarakat dalam Kegiatan Ekonomi, sebagai penunjang peluang Ekonomi(3) Makna dalam kegiatan Keagamaan, sebagai pembatas diri dan cukup menyerap nilai kehidupan yang ada (4) Makna dalam Kegiatan dunia Pendidikan, sebagai sarana pengenalan Budaya kepada Generasi selanjutnya (5) Makna dalam segi adat istiadat dan budaya, sebagai rasa tanggun Jawab dan amanah terkait titipan warisan tradisi di masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Anisa Hanifaturanisahanifatur@gmail.comI73218029
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Subjects: Masyarakat Islam
Adat
Keywords: siraman sedudo; asimilasi budaya; masyarakat muslim
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: anisa hanifatur rohmah
Date Deposited: 21 Nov 2022 06:43
Last Modified: 21 Nov 2022 06:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58332

Actions (login required)

View Item View Item