Implementasi aplikasi i-kurma terhadap peningkatan pembiayaan kur dengan akad murabahah pada Bank Syariah Indonesia kantor cabang Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nerazzura, Shevy Putri (2022) Implementasi aplikasi i-kurma terhadap peningkatan pembiayaan kur dengan akad murabahah pada Bank Syariah Indonesia kantor cabang Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shevy Putri Nerazzura_G74218136.pdf

Download (5MB)

Abstract

Implementasi Aplikasi I-Kurma terhadap peningkatan pembiayaan KUR dengan akad murabahah pada Bank Syariah Indonesia cabang Sidoarjo. Masa pandemi membuat mobilitas terhambat yang menimbulkan dampak pada perbankan. Agar perbankan dapat meningkatkan kinerjanya, maka diperlukannya penggunaan teknologi digital. Dengan mengetahui peran UKM pada peningkatan perekonomian cukup penting bagi negara, maka perbankan hadir untuk mendukung UKM dengan menawarkan produk pembiayaan KUR, yang diharapkan agar keuangan Islam iklusif dapat terwujud. Untuk itu Bank Syariah Indonesia memiliki aplikasi I-Kurma guna mempermudah pembiayaan yang dapat menunjang perekonomian negara melalui KUR untuk UKM yang memerlukan pembiayaan. Sehingga dapat diambil rumusan masalah yaitu bagaimana implementasi aplikasi I-kurma terhadap penyaluran pembiayaan KUR dengan akad murabahah dan bagaimana peningkatan pembiayaan KUR dengan akad murabahah menggunakan aplikasi I-kurma. Metodologi pada penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif berjenis deskriptif. Dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi terkait penelitian tersebut, yang digunakan sebagai sumber penelitian primer dan sumber sekunder. Yang kemudian sumber tersebut dianalisis sehingga dapat ditarik sebuah kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi I-Kurma pada Bank Syariah Indonesia telah bekerja sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi tersebut yaitu untuk memudahkan pemrosesan pembiayaan KUR dengan akad murabahah. Aplikasi tersebut berdampak baik terhadap kemudahan pemrosesan pembiayaan KUR dengan akad murabahah karena dengan kecanggihan aplikasi I-Kurma, pemrosesan pembiayaan dapat dikelola dengan lebih efisien. Namun dengan kemudahan tersebut aplikasi I-Kurma tidak dapat mempengaruhi peningkatan pembiayaan KUR dengan akad murabahah secara langsung. Peningkatan pembiayaan KUR dengan akad murabahah dipengaruhi oleh faktor lainnya yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Bank Syariah Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pembaruan fitur aplikasi I-Kurma seiring dengan kebutuhan pengguna agar dapat lebih efektif dan efisien. Bagi penulis selanjutnya diharapkan dapat memperbanyak kajian terkait peningkatan pembiaayn KUR dengan akad murabahah menggunakan aplikasi I-Kurma.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nerazzura, Shevy PutriShevyzzura@gmail.comG74218136
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi
Keywords: akad murabahah; Bank Syari'ah Indonesia
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Shevy Putri Nerazzura
Date Deposited: 22 Nov 2022 02:18
Last Modified: 22 Nov 2022 07:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58333

Actions (login required)

View Item View Item