Penerapan pembelajaran literasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Al Fattah Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadani, Jehan Syah Fitri (2022) Penerapan pembelajaran literasi dalam meningkatkan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Al Fattah Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Jehan Syah Fitri Ramadani_D91215057.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian yang menggambarkan penerapan pembelajaran literasi terhadap peningkatan pemahaman peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMP Al Fattah Sidoarjo. Budaya literasi merupakan kebiasaan berpikir yang diikuti oleh sebuah proses membaca-menulis yang pada akhirnya akan mengarah kepada cara berpikir kritis, cara pemecahan masalah, pengembangan ilmu pengetahuan, dan penciptaan suatu karya. Budaya literasi dapat tumbuh karena di dalam kegiatan pembelajaran Peserta didik diajak untuk menulis apa yang ia lihat, dengar, dan pikirkan sehingga muncul ide-ide yang selanjutnya dapat dikembangkan menjadi bentuk literasi yang lebih tinggi. Adapun yang melatar belakangi penulis untuk membuat skripsi ini didasarkan pada pengamatan dan wawancara awal yang dilakukan penulis dengan salah satu guru PAI (Pendidikan Agama Islam) di SMP Al Fattah. Yang mana guru sudah menerapkan pembelajaran literasi seperti meminta Peserta didik mendengarkan, menulis, berfikir kritis akan tetapi hasil yang diharapkan tidak sesuai. Metode Penelitian yang digunakan penulis adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data studi lapangan yang meliputi wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan pembelajaran literasi terhadap peningkatan pemahaman peserrta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Hasil dari penelitian yang penulis lakukan menunjukkan bahwa pembelajaran literasi masih berada ditahap kedua yaitu membaca dan menulis. penerapan literasi yang ada di SMP Al Fattah juga kurang sesuai dengan tuntunan yang ada di dalam buku pedoman GLN (Gerakan Literasi Nasional) dan GLNB (Gerakan Literasi Nasional Bangsa). Faktor pendukung penerapan literasi pada mata pelajaran PAI yaitu kemampuan Ibu Ivanna dalam memanfaatkan teknologi dan media pembelajaran sehingga Peserta didik dapat memiliki 4 (empat) aspek keterampilan literasi. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu kurangnya pendampingan dari guru, kurangnya buku non pelajaran dan rasa malas pada diri peserta didik

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadani, Jehan Syah FitriJehanramadani@gmail.comD91215057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFahmi, Muh.fahme_yes@yahoo.com2106087701
Thesis advisorFaizin, Moh.faizin-ahwan@yahoo.com2015087202
Subjects: Pendidikan Islam
Pendidikan > Minat Baca
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: pembelajaran literasi; peningkatan pemahaman; peserta didik
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Jehan Syah Fitri Ramadani
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:58
Last Modified: 26 Dec 2022 07:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58352

Actions (login required)

View Item View Item