Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model generatif dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyaningtyas, Enggar Retno (2022) Pengembangan perangkat pembelajaran Matematika model generatif dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis siswa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Enggar Retno Cahyaningtyas_D74216048.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kemampuan koneksi matematis merupakan hal penting yang harus dimiliki dan ditumbuhkan oleh setiap orang terutama peserta didik. Karena dengan kemampuan koneksi matematis, seseorang dapat memahami dan tidak akan kesulitan dalam mempelajari suatu konsep yang masih saling berkaitan dengan konsep yang lain. Namun pada realitanya kemampuan koneksi matematis yang dimiliki peserta didik masih kurang, terutama pada pembelajaran matematika. Pada penelitian ini, dikembangkan perangkat pembelajaran menggunakan model generatif dengan pendekatan konstruktivisme yang digunakan untuk membantu peserta didik meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memaparkan proses pengembangan, mengukur kevalidan serta kepraktisan dari perangkat pembelajaran matematika menggunakan model generatif dengan pendekatan konstruktivisme untuk meningkatkan kemampuan koneksi matematis. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang mengacu pada model pengembangan ADDIE yang terdiri atas lima tahap, yakni tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan buku siswa materi lingkaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik catatan lapangan (field note) untuk memperoleh data proses pengembangan perangkat pembelajaran, serta teknik validasi yang digunakan untuk mengetahui data kevalidan dan kepraktisan perangkat pembelajaran. Teknik analisis data field note berupa deskripsi kegiatan melalui wawancara dengan guru matematika di SMP Alam Al Izzah sedangkan untuk kevalidan perangkat pembelajaran menggunakan RTV yang digunakan untuk acuan kriteria kevalidan sekaligus kepraktisan. Hasil analisis data menggunakan model pengembangan ADDIE menunjukan bahwa, pada tahap analisis diperoleh bahwa kemampuan koneksi matematis siswa masih rendah. Kemudian, pada tahap perancangan didesain RPP dan buku siswa mengacu hasil analisis. Pada tahap pengembangan, perangkat dibuat dan divalidasi oleh para validator ahli. Selanjutnya, perangkat pembelajaran dikatakan valid dengan nilai rata-rata total kevalidan RPP sebesar 4,11 dan buku siswa sebesar 4,25. Perangkat pembelajaran juga dikatakan praktis dengan memberikan nilai A dan B. Pada tahap penerapan dan tahap evaluasi tidak dapat dilakukan karena kondisi pandemi covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyaningtyas, Enggar Retnoenggarretnocahya@gmail.comD74216048
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLubab, Ahmadahmadlubab@uinsby.ac.id2011118102
Thesis advisorLailiyah, Sitilailiyah@uinsby.ac.id2028098401
Subjects: Metode Pembelajaran
Pendidikan > Media
Keywords: Pengembangan; koneksi matematis; model generatif
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Sahal M. Abdulloh
Date Deposited: 22 Nov 2022 06:12
Last Modified: 22 Nov 2022 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58354

Actions (login required)

View Item View Item