Peningkatan kapasitas masyarakat dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) terhadap bencana banjir bandang di Desa Kalikatir Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Nabiya Agastina Eka (2022) Peningkatan kapasitas masyarakat dalam upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) terhadap bencana banjir bandang di Desa Kalikatir Kecamatan Gondang Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nabiya Agastina Eka Putri_B72218079.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang kurangnya kapasitas masyarakat Desa Kalikatir terhadap bencana banjir bandang. Dalam proses peningkatan kapasitas ini terdapat kegiatan- kegiatan yang membantu meningkatkan kapasitas masyarakat Desa Kalikatir agar siap menghadapi bencana banjir bandang. Adapun tujuan dari peningkatan kapasitas ini adalah sebagai upaya mengurangi risiko bencana guna menjadikan masyarakat yang tangguh akan bencana. Penelitian ini menggunakan metode Paticipatory Action Research (PAR). Dalam proses penelitian ini melibatkan masyarakat Desa Kalikatir. Mulai dari penggalian informasi, merumuskan masalah, sampai merencanakan program. Strategi yang digunakan dalam upaya peningkatan kapasitas ini adalah wawancara semi terstruktur, Focus Group Discussion (FGD), mapping atau pemetaan, dan penelusuran wilayah (Transect). Kegiatan-kegiatan untuk membangun kemampuan mereka dihasilkan sebagai hasil dari proses penelitian dan pendampingan di Desa Kalikatir, antara lain edukasi tentang pengurangan risiko bencana banjir bandang kemudian menghidupkan kembali atau revitalisasi kelompok destana, pemanfaatan alat kentongan sebagai strategi mitigasi bencana berbasis kearifan lokal serta membantu masyarakat mengadvokasi kebijakan kepada pemerintah desa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Nabiya Agastina Ekanabiyaagastina08@gmail.comB72218079
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Moh.anshormoh75@gmail.com2018087502
Subjects: Bencana alam
Dakwah
Dakwah > Dakwah bil Hal
Keywords: Mengurangi Risiko Bencana, Peningkatan Kapasitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nabiya Agastina Eka Putri
Date Deposited: 22 Nov 2022 08:19
Last Modified: 22 Nov 2022 08:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58355

Actions (login required)

View Item View Item