Pengorganisasian komunitas peternak sapi dan kambing dalam upaya mewujudkan lingkungan sehat di dusun Binorong desa Kedunglumpang kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ramadhani, Diwi Salsabilah (2022) Pengorganisasian komunitas peternak sapi dan kambing dalam upaya mewujudkan lingkungan sehat di dusun Binorong desa Kedunglumpang kecamatan Mojoagung kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diwi Salsabilah Ramadhani_B02218006.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang suatu proses pengorganisasian komunitas peternak sapi dan kambing dalam mewujudkan lingkungan sehat dalam mengurangi pencemaran lingkungan dengan cara mengelolah limbah kotoran hewan. Proses pengorganisasian komunitas bertujuan agar masyarakat memahami pentingnya menjaga lingkungan yang sehat agar terhindar dari penyakit. Penelitian ini menggunakan pendekatan metode PAR (Participatory Action Research). Penelitian ini tentu mengikutsertakan semua pihak yang relevan, dalam mengkaji aksi yang sedang dilakukan agar mencapai sebuah perubahan. Pendekatan ini sebagai metode penyadaran situasi atau keadaan yang dialami oleh kelompok masyarakat di Dusun Binorong. Dalam pengumpulan data atau informasi peneliti menggunakan Teknik PRA (Participatory Rural Appraisal). Sedangkan dalam menyelesaikan masalah menggunakan startegi pengorganisasian dengan teknik LFA (Logical Framework Approach). Hasil penelitian pengorganisasian ini ialah masyarakat mulai timbul kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan lingkungan dengan cara mengelolah limbah kotoran hewan. Dari segi kelembagaan (kelompok) tani ternak muncul rasa peduli yang dilakukan untuk mengurangi dampak negatif dari limbah kotoran ternak. Untuk kebijakan PEMDES sedang mengupayakan agar program yang telah dijalankan dapat bertahan dan berkelanjutan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ramadhani, Diwi Salsabilahdiwisalsabila031200@gmail.comB02218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Pengabdian Masyarakat
Keywords: lingkungan sehat; PAR; pengorganisasian masyarakat; pengelolahan limbah
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Diwi Salsabilah Ramadhani
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:36
Last Modified: 28 Nov 2022 05:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58361

Actions (login required)

View Item View Item