Motif komunitas penyelamat kucing terlantar Surabaya (KPKTS) dalam penyelamatan kucing jalanan ditinjau dari teori tindakan sosial Max Weber

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktafiana, Septi Nurika (2022) Motif komunitas penyelamat kucing terlantar Surabaya (KPKTS) dalam penyelamatan kucing jalanan ditinjau dari teori tindakan sosial Max Weber. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Septi Nurika Oktafiana_I03218018.pdf

Download (5MB)

Abstract

Di Indonesia minat akan memelihara hewan semakin meningkat, terutama di kota-kota besar seperti Surabaya, hewan peliharaan yang paling diminati salah satunya yakni kucing. Dengan meningkatnya peminat pemeliharaan kucing, saat ini juga banyak kucing yang terlantar di lingkungan masyarakat. Tingginya angka populasi kucing yang terlantar. Salah satu penyebab populasi kucing terlantar juga karena pemilik yang tidak melakukan sterilisasi, dimana sterilisasi pada kucing sangat diperlukan untuk meminimalisir angka peningkatan populasi kucing yang terlantar. Permasalahan yang telah dikaji dalam penelitian ini adalah Bagaimana perkembangan keberadaan Komunitas Penyelamat Kucing Terlantar Surabaya (KPKTS) dan Bagaimana motif yang ada didalam Komunitas Penyelamat Kucing Terlantar Surabaya (KPKTS). Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan di dalamnya, anatara lain yakni pembahasan mengenai kegiatan yang dilakukan Komunitas Penyelamat Kucing Terlantar Surabaya (KPKTS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan pendekatan fenomenologi yang menggunakan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena yang terjadi pada Komunitas Penyelamat Kucing Terlantar Surabaya (KPKTS) adalah teori Tindakan Sosial oleh Max Weber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Komunitas Penyelamat Kucing Terlantar Surabaya (KPKTS) merupakan komunitas yang menjadi wadah untuk berkumpulnya penyayang dan penyelamat kucing dengan tujuan yang sama. Weber mengklasifikasikan tindakan sosial yang memiliki arti-arti subjektif tersebut menjadi empat tipe, yakni tindakan rasional instrumental (zwerk rational), tindakan rasional nilai (werk rational), tindakan afektif (affectual action), dan tindakan tradisional (traditional action).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktafiana, Septi Nurikaseptinurika25@gmail.comI03218018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuttaqin, Husnulhusnulfikr@uinsby.ac.id2020017801
Subjects: Sosiologi
Keywords: tindakan sosial; cat lovers
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Septi Oktafiana
Date Deposited: 22 Nov 2022 04:05
Last Modified: 22 Nov 2022 04:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58366

Actions (login required)

View Item View Item