Kontribusi art therapy dalam menurunkan tingkat kecenderungan stres pada remaja yayasan panti asuhan A dan B di Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fintania, Arienda (2022) Kontribusi art therapy dalam menurunkan tingkat kecenderungan stres pada remaja yayasan panti asuhan A dan B di Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arienda Fintania_J01218008.pdf

Download (2MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya kontribusi art therapy dalam menurukankan kecenderungan stress remaja panti asuhan A dan B di kota Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan Quasi Experiment Non Randomized Pretest-Posttest Design With Control Group Design yang melibatkan 30 sampel. Sampel terdiri atas 15 remaja putra dari panti asuhan A sebagai kelompok eksperimen dan 15 remaja putri dari panti asuhan B sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan alat ukur Perceived Stress Scale (PSS10) untuk mengukur tingkat kecenderungan stres remaja. Analisis data menggunakan One Way ANOVA dengan SPSS for windows 21.00. Hasil penelitian menunjukkan bahwa art therapy berkontribusi dalam menurunkan tingkat kecenderungan stress pada remaja. Kontribusi art therapy dalam menurunkan tingkat kecenderungan stress pada remaja yang tinggal di panti asuhan A di Surabaya meningkatkan afektif, kognitif, psikologis, serta kesejahteraan batin dalam diri individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fintania, AriendaAriendafin14@gmail.comJ01218008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid@uinsby.ac.id2005027501
Subjects: Pendidikan
Psikologi
Keywords: art therapy; tingkat kecenderungan stres
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Kesehatan
Depositing User: Arienda Fintania
Date Deposited: 23 Nov 2022 07:22
Last Modified: 23 Nov 2022 07:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58381

Actions (login required)

View Item View Item