Qonaah sebagai pencegahan perilaku konsumtif perspektif sufistik Buya Hamka

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Saskia Rizki (2022) Qonaah sebagai pencegahan perilaku konsumtif perspektif sufistik Buya Hamka. Undergraduate thesis, UINSunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Saskia Rizki Pratiwi_E77218053.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kehidupan manusia di era modern ini semakin dipermudah oleh banyaknya teknologi yang berkembang, realita ini menimbulkan dampak pada perubahan pola hidup manusia, salah satunya ialah munculnya perilaku konsumtif. Perilaku konsumtif merupakan suatu perilaku manusia yang ditunjukkan melalui proses pembelian secara berlebihan, yang mana terdapat faktor eksternal dan internal sebagai penyebabnya. Untuk mencegah perilaku konsumtif tersebut manusia memerlukan kontrol diri dengan cara menanamkan konsep qonaah, sebab qonaah ialah sikap menerima dan merasa cukup atas apa yang telah Allah berikan. Maka dari itu, peneliti mengangkat judul Qonaah Sebagai Pencegahan Perilaku Konsumtif Perspektif Sufistik Buya Hamka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan library research dan metode analisis deskriptif, dengan rumusan masalah sebagai berikut: 1) Apa faktor penyebab timbulnya perilaku konsumtif?, 2) Apa makna dan konsep qonaah perspektif Buya Hamka?, 3) Bagaimana relevansi qonaah sebagai pencegahan perilaku konsumtif?. Adapun hasil analisis dalam penelitian ini, yakni faktor yangmenyebabkan timbulnya perilaku konsumtif (faktor eksternal dan faktor internal). Faktor eksternal meliputi keluarga dan kelas sosial, sedangkan dalam faktor internal meliputi gaya hidup dan kepribadian serta konsep diri. Buya Hamka menjelaskan konsep qonaah melalui lima perkara, diantaranya yaitu: Menerima dengan rela atas apa yang telah ada, Memohon kepada Tuhan untuk tambahan yang pantas dan tetap berikhtiar, Menerima dengan sabar akan ketentuan Tuhan, Senantiasa bertawakkal kepada Tuhan, dan Tidak terpikat tipu daya duniawi. Relevansi qonaah sebagai pencegahan perilaku konsumtif dengan menerapkan qonaah dalam diri, agar melatih hawa nafsu untuk tidak tergiur godaan duniawi sehingga dapat mengurangi perilaku konsumtif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Saskia Rizkisaskiarizkipratiwi@gmail.comE77218053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhodijah, Khodijahuchykhadijah@yahoo.com2010116601
Subjects: Dokumen - Pemalsuan
Keywords: Perilaku konsumtif; konsep qonaah; Buya Hamka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Saskia Rizki Pratiwi
Date Deposited: 29 Nov 2022 02:32
Last Modified: 29 Nov 2022 02:32
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58382

Actions (login required)

View Item View Item