Analisis hukum Islam terhadap kerja sama facebook fanpage Tv 9 Nusantara

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'dullah, Najih (2022) Analisis hukum Islam terhadap kerja sama facebook fanpage Tv 9 Nusantara. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Najih Sa'dullah_C02216053.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research). Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk menjawab rumusan masalah tentang Pelaksanaan praktik kerjasama Facebook Fanpage di link TV9 Nusantara dan Analis hukum Islam terhadap kerjsama Facebook Fanpage di link TV9 Nusantara. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan metode kualitatif, adalah sesuatu yang menggambarkan subjek sebuah penelitian dalam kondisi sesungguhnya yang menggunakan sumber informasi yang relevan tentang kerjasama facebook fanpage di link TV9 Nusantara. Data penelitian yang berhasil diperoleh dan dikumpulkan dari lapangan menggunakan teknik wawancara. Kemudian dideskripsikan oleh penulis menggunakan alur berpikir deduktif, yaitu pembahasan dimulai dari gambaran umum ke khusus. Dalam hal ini analisis hukum Islam terhadap kerjasama Facebook dengan pemilik akun Fanpage TV 9 Nusantara yang menghasilkan kesimpulan dalam sebuah teori baru. Praktiknya kerjasama yang dilakukan antara Facebook dengan pemilik fanpage TV9 Nusantara terdapat pelanggaran peraturan yang dilakukan oleh pihak facebook, dimana pihak facebook melanggar perjanjian tersebut dengan menyetujui atau memperbolehkan pihak akun lain mengunggah konten yang sama persis dengan konten yang diunggah fanpage TV9 Nusantara sehingga pihak TV9 Nusantara dirugikan. Sehubungan dengan hal tersebut kerjasama atau syirka>h abda>n yang dilakukan batal atau tidak sah karena bertentangan dengan hukum Islam. Akad kerjasama-pekerjaan berakhir sesuai dengan kesepakatan, akad kerjasama-pekerjaan batal jika terdapat pihak yang melanggar kesepakatan. Sesuai dengan pemaparan kesimpulan maka pihak admin TV9 Nusantara hendaknya dalam melaksanakan akad syirka>h atau kerjasama memeprtimbangkan ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan hukum Islam yang berlandaskan al-Qur’an dan hadist agar praktik kerjasama facebook fanpage dikemudian hari tidak menimbulkan permasalahan yang dapat merugikan para pihak. Bagi pihak Facebook, hendaknya memperhatikan konten yang diunggah oleh admin facebook serta ketentuan-ketentuan yang telah disepakati oleh kedua belah pihak, agar tidak lagi terjadi kecurangan. peneliti memberikan saran bahwa dalam kegiatan bermuamalah hendaklah untuk selalu memperhatikan prinsip- prinsip syariat Islam dan sesuai dengan asas dalam su atu akad yang telah di tetapkan selama ini guna meminimalisir terjadinya suatu hal yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari dan apabila telah terjadi maka dapat mempertanggung jawabkan dengan baik sebagaimana mestinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'dullah, Najihnajihsadullag2@gmail.comC02216053
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Ekonomi
Keywords: Hukum Islam; kerja sama facebook fanpage; Tv 9 Nusantara
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Najih Sadullah
Date Deposited: 23 Nov 2022 06:54
Last Modified: 23 Nov 2022 06:54
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58384

Actions (login required)

View Item View Item