Analisis hukum Islam terhadap praktek nikah proposal di Desa Mangkujayan Ponorogo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Zayyanah, Indah (2022) Analisis hukum Islam terhadap praktek nikah proposal di Desa Mangkujayan Ponorogo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Indah Zayyanah_C91216155.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penulisan skripsi ini metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Dengan pendekatan deskriptif untuk menggambarkan analisis hukum Islam terhadap praktek nikah proposal di Desa Mangkujayan Ponorogo. Sedangkan jenis riset yang digunakan oleh penulis adalah jenis analis deskriptif yang berarti data-data yang diperoleh berdasarkan sumber tertulis dan pengamatan di lapangan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa nikah proposal merupakan proses pernikahan yang menggunkan proposal nikah sebagai alat untuk memperkenalkan diri, sedangkan Proposal nikah dapat disimpulkan sebagai bentuk tulisan yang berisi biodata, Dalam pandangan hukum Islam praktek nikah proposal yang di lakukan oleh AS sesuai denga syariat hukum Islam karena sudah terpenuhinya syarat dan rukun nikah adapun yang menjadi persoalan yaitu proses sebelum pernikahannya yaitu kurangnya keterbukaan antara calon suami dengan AS tentang apa yang di tulis dalam proposal nikah tersebut yang berkaitan dengan pekerjaanya calon suami yang membuat kekecewaan AS. Permasalahan yang terjadi sebenarnya dapat di cegah dengan melakukan ta’aruf yang lebih lama agar saling mengenal satu sama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Zayyanah, Indahindah.zayyanah17@gmail.comC9121655
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusarrofa, Itaitaisme@gmail.com2001087901
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Keywords: Hukum Islam; nikah proposal
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Indah Zayyanah
Date Deposited: 25 Nov 2022 07:56
Last Modified: 25 Nov 2022 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58387

Actions (login required)

View Item View Item