Analisis tingkat kerentanan dan kesiapsiagaan masyarakat pesisir terhadap bencana Tsunami di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Amelino, Eky Pradana Putra (2022) Analisis tingkat kerentanan dan kesiapsiagaan masyarakat pesisir terhadap bencana Tsunami di Kabupaten Tulungagung, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eky Pradana Putra Amelino_H94218041.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tsunami merupakan rangkaian gelombang laut yang mampu menjalar dengan kecepatan tinggi, terutama diakibatkan oleh gempa bumi yang terjadi di dasar laut. Pada tahun 1994 terjadi bencana tsunami di pesisir selatan Kabupaten Tulungagung dan mengakibatkan kerusakan di tiga desa pesisir di Kecamatan Besuki dan Kalidawir, hal ini dikarenakan desa-desa tersebut terletak tepat di pesisir pantai sehingga perlu adanya penelitian mengenai kerentanan wilayah dan tingkat kesiasiagaan masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui tingkat kerentanan wilayah dan kesiapsiagaan masyarakat di desa pesisir Kabupaten Tulungagung dalam menghadapi bencana tsunami. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif melalui wawancara dan kuisioner serta data pendukung BPS Kabupaten Tulungagung. Responden didapatkan dengan menggunakan random sampling. Pengolahan data dilakukan menggunakan pengolahan citra satelit dengan bantuan Arcgis serta pengolahan tingkat kesiapsiagaan menggunakan skala likerrt. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat Kerentanan wilayah sangat tinggi di Desa Besole, Keboireng, dan Kalibatur.sedangkan tingkat Kerentanan wilayah tinggi berada di Desa Besuki, Jengglungharjo, Ngrejo, Rejosari, Kalidawe, Panggungkalak, dan Pucanglaban. Hasil tingkat kesiapsiagaan masyarakat dari ketiga desa dengan kerentanan tertinggi menunjukan bahwa masyarakat Desa Besole, dan Kalibatur memiliki kriteria yang Kurang Siap, sedangkan Desa Keboireng memiliki tingkat kriteria Hampir Siap. Hasil Uji korelasi Kesiapsiagaan Terhadap Bencana memiliki skor korelasi sebesar 0,544 artinya kesiapsiagaan mempunyai hubungan sedang tehadap bencana. Berdasarkan dari hasil tersebut maka tingkat kesiapisgaan masyarakat perlu ditingkatkan dengan menambah intensitas pelatihan tanggap bencana tsunami.
.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Amelino, Eky Pradana Putraino.pradana789@gmail.comH94218041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNoverma, Novermanoverma18@gmail.com2018118102
Thesis advisorSetiawan, Fajarfajar_404@yahoo.com2006058402
Subjects: Bencana alam
Ilmu Kelautan
Masyarakat
Keywords: Kerentanan; kesiapsiagaan; bencana tsunami
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Ilmu Kelautan
Depositing User: Eky Pradana Amelino
Date Deposited: 28 Nov 2022 05:40
Last Modified: 28 Nov 2022 05:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58416

Actions (login required)

View Item View Item