Analisis maqasid al-shari’ah terhadap pendapat anggota TNI di koramil 0814/12 Kesamben Jombang mengenai tes litsus (Penelitian Khusus) dan tes kesehatan sebagai syarat menjadi istri anggota Tni

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wulanda, Syarifa Sika (2021) Analisis maqasid al-shari’ah terhadap pendapat anggota TNI di koramil 0814/12 Kesamben Jombang mengenai tes litsus (Penelitian Khusus) dan tes kesehatan sebagai syarat menjadi istri anggota Tni. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Syarifa Sika Wulanda_C91216193.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Maqasid al-Shari’ah Terhadap Pendapat Anggota Tni di Koramil 0814/12 Kesamben Jombang Mengenai Tes Litsus (Penelitian Khusus) dan Tes Kesehatan Sebagai Syarat Menjadi Istri Anggota TNI”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang, 1) Bagaimana pendapat anggota TNI di Koramil 0814/12 Kesamben Jombang mengenai tes litsus (penelitian khusus) dan tes kesehatan sebagai syarat menjadi istri anggota TNI? 2) Bagaimana analisis maqasid al-shari’ah terhadap pendapat anggota TNI di Koramil 0814/12 Kesamben Jombang mengenai tes litsus (penelitian khusus) dan tes kesehatan sebagai syarat menjadi istri anggota TNI? Penelitian ini merupakan penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif dengan metode pengumpulan data melalui wawancara dan dokumentasi. Data yang terkumpul kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif. Berdasarkan hasil wawancara terhadap anggota TNI di Koramil 0814/12 beragumen bahwa mekanisme atau pelaksanaan pengajuan perkawinan untuk menjadi istri TNI diharuskan melakukan tes litsus (penelitian khusus) dan tes kesehatan sesuai dengan Perpang Nomor 50/XII/2014 dan Skep/496/VII/2015. Tes litsus adalah tes yang ditujukan kepada calon istri TNI dengan melakukan pemeriksaan latar belakang keluarga (bersih dari organisasi terlarang) yang terdiri dari ujian tulis dan lisan oleh Babinsa. Adapun tes kesehatan terdiri dari pemeriksaan fisik secara keseluruhan. Tujuan daripada tes litsus dan tes kesehatan tidak lain adalah sebagai upaya TNI dalam membentuk keluarga yang haromonis melalui rasa kepercayaan dan keterbukaan antara kedua mempelai serta diharapkan mampu meminimalisir angka perceraian. Ditinjau dari maqasid al-shari’ah kegiatan tes litsus dan tes kesehatan merupakan suatu kemaslahatan umat yaitu maqasid al-shari’ah dalam hal hifdzu nasab (menjaga keturunan) dan hifdzu nafs (menjaga jiwa) pada tingkat hajiyat. Untuk mencapai kemaslahatan bersama, mengingatkan kembali para pembuat kebijakan bahwasannya penelitian ini melalui kesulitan dalam pengumpulan data baik undang-undang atau peraturan tertulis lainnya. Sebagai kebutuhan akademisi, kiranya perlu direnungkan kembali pembukaan akses data yang berkaitan dengan tes litsus dan tes kesehatan tentunya dalam batasan-batasan yang tetap terjaga kerahasiaannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wulanda, Syarifa SikaSyarifa1506@gmail.comC91216193
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMakinudin, Makinudinmakinudin1011@gmail.com2010116701
Subjects: Hukum Islam
Nikah
Keywords: analisis maqasit al shari'ah; litsus
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Syarifa sika Wulanda
Date Deposited: 28 Nov 2022 06:18
Last Modified: 28 Nov 2022 06:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58417

Actions (login required)

View Item View Item