Analisis maṣlaḥah mursalah terhadap dinamika bisnis esport: studi kasus pada pacitan esport community

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Albab, Zackya Ulul (2022) Analisis maṣlaḥah mursalah terhadap dinamika bisnis esport: studi kasus pada pacitan esport community. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Zackya Ulul Albab_G94217217.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Maṣlaḥah Mursalah Terhadap Dinamika Bisnis Esport (Studi Kasus Pada Pacitan Esport Community)” ini merupakan hasil penelitian kualitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana dinamika bisnis Esport yang ada di Pacitan Esport Community dalam perspektif
maṣlaḥah mursalah. Penelitian ini juga membahas bentuk maṣlaḥah yang terjadi pada dinamika bisnis Esport di Pacitan Esport Community. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan metode pendekatan empiris, yang mana datanya diperoleh dari fakta lapangan. Kemudian untuk menggali nilai dari maṣlaḥah, akan dianalisis dengan maqashid al-khamsah yang dikemukakan oleh Imam al-Ghazali yaitu mencakup agama (ad-din), jiwa (an-nafs), akal (al-aql), keturunan (an-nasl) dan harta (al-mal). Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dengan sejumlah player dari tim Esport, penyelenggara turnamen dan Ketua ESI (Esport Indonesia) Kabupaten Pacitan. Data yang diperoleh kemudian akan dianalisis berdasarkan teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menyimpulkan bahwa dinamika bisnis Esport di Pacitan Esport Community berbanding lurus dengan bagaimana lingkungan Esportnya berkembang. Bisnis Esport berupa penyelenggaraan turnamen memiliki pengaruh positif di semua pihak yang terlibat, pemain sebuah tim, panitia turnamen, pemilik dan pengelola warung kopi atau kafe. Dalam prakteknya, sebagian besar turnamen tidak terdapat hal-hal yang menyimpang menyimpang ajaran Islam yaitu mengandung unsur maysir, gharar dan riba. Namun terdapat beberapa oknum yang mencoba mencurangi hal tersebut dan tidak menghiraukan nilai yang terkandung pada ajaran Islam. Pihak ESI Pacitan berusaha agar bisnis Esport ini berjalan secara transparan dan tidak ada unsur penipuan. Seluruh pelaku Esport mulai dari player hingga penyelenggara turnamen memperhatikan aspek-aspek yang terkandung pada maqāṣid al khamsah yaitu agama (ad-din), jiwa (an-nafs), akal (al-aql), keturunan (an-nasl) dan harta (al-mal). Berdasarkan kesimpulan tersebut, penulis memberikan saran kepada seluruh pelaku Esport yang tergabung dalam Pacitan Esport Community untuk dapat mempertahankan dan mengembangkan lingkungan Esport dengan memperbanyak turnamen-turnamen dalam skala kecil maupun besar, kemudian lebih sering menjalin kerja sama dengan pihak-pihak tertentu agar terjalin hubungan bisnis dalam kegiatan Esport di Pacitan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Albab, Zackya Ululzackyaulul32@gmail.comG94217217
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Bakhrulbakhrul.huda@uinsby.ac.id2104098501
Subjects: Ekonomi Islam
Game Online
Keywords: maslahah mursalah; esport; Pacitan esport community
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Zackya Ulul Albab
Date Deposited: 02 Jan 2023 07:25
Last Modified: 02 Jan 2023 07:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58421

Actions (login required)

View Item View Item