Strategi halal supply chain management dengan model Supply Chain Operation (SCOR) pada Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Winarto, Ashif Jauhar (2022) Strategi halal supply chain management dengan model Supply Chain Operation (SCOR) pada Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ashif Jauhar Winarto_02040320008.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tesis ini merupakan penelitian kualitatif yang memiliki tujuan menjawab rumusan masalah yang terdapat dalam peneliyian ini yaitu bagaimana strategi halal supply chain management Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan dan bagaimana kinerja rantai pasok Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan menggunakan analisis model hierarkis berbasis Supply Chain Operation References (SCOR). Metode dalam penelitian ini adalah kualitatif eksploratif dengan jenis penelitian studi kasus serta yang bertujuan untuk menggambarkan keadaan suatu fenomena secara sistematis dan rasional mengenai Strategi Halal Supply Chain Management (HCM) dengan analisis model hierarkis berbasis Supply Chain Operation References (SCOR). Dalam penelitian ini menggunakan 2 teori yakni Halal Supply Chain Managemen (HCM) dan Supply Chain Operation References (SCOR). Hasil dari penelitian ini adalah Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan sudah menerapkan 6 Unsur Halal Supply Chain Management yakni, kebijakan halal, control logistisk, supply chain resource, supply chain management processes, struktur jaringan supply chain, dan halal supply chain performance. Sementara itu hasil dari analisis Supply Chain Operation Reference ada 6 variabel sedangkan, di Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan masih melaksanakan 5 variabel antara lain plan, source, make, deliver, dan return. Namun Agency Center Al Jannah belum melaksanakan 1 variabel Supply Chain Operation References (SCOR yakni Enable karena belum menerapkan manajemen risiko untuk menanggulangi kemungkinan-kemungkinan yang terjadi. Namun, Agency Center Al Jannah sudah melaksanakan pengembangan SDM yang cukup baik dengan mengadakan pelatihan kepada para stokist. Adapun rekomendasi yang menjadi bahan masukan kepada Agency Center Al Jannah HNI HPAI Kabupaten Magetan yakni, perlunya peningkatan model manajemen risiko karena berfungsi sebagai mengatasi kemungkinan yang tidak diinginkan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Winarto, Ashif Jauharashifjauhar@gmail.com02040320008
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHadi, Abdabd.hadi@uinsby.ac.id2018115501
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keuangan Islam
Manajemen
Keywords: HSCM; SCOR; HNI HPAI; Agency Center Al Jannah
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ashif Jauhar Winarto
Date Deposited: 30 Nov 2022 02:53
Last Modified: 30 Nov 2022 02:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58427

Actions (login required)

View Item View Item