Analisis rantai pasok halal keripik usus ayam pak Rebo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dewi, Fatimah Sari (2022) Analisis rantai pasok halal keripik usus ayam pak Rebo Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah Sari Dewi_G94218175.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Rantai Pasok Halal Keripik Usus Ayam Pak Rebo” merupakan penelitian yang memiliki fokus tujuan yaitu untuk mendeskripsikan dan melakukan analisis mengenai implementasi rantai pasok halal Keripik Usus Ayam Pak Rebo Surabaya. Pemilihan UMKM Pak Rebo sebagai objek penelitian karena UMKM Pak Rebo adalah usaha yang mampu berkembang berkelanjutan hanya dengan memproduksi keripik usus ayam, padahal tidak semua orang menyukai usus ayam dan bahkan ada juga beberapa yang menganggapnya menjijikkan, juga bahan jeroan hewan seperti usus ayam merupakan bahan yang rentan terkontaminasi dengan zat haram selama proses rantai pasokan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, dan dokumentasi. Wawancara dilakukan kepada pemilik, pemasok, dua orang karyawan, dan konsumen dari UMKM Pak Rebo Surabaya. Observasi yang dilakukan berupa pengamatan terhadap parameter penilaian rantai pasokan halal yang telah dirancang oleh peneliti terdahulu mengenai rantai pasokan halal dan dalam penelitian ini parameter penilaian ditinjau dari tiga tahapan proses bisnis yang dilakukan oleh UMKM Pak Rebo, yaitu proses persiapan produksi, proses produksi, dan proses distribusi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa UMKM keripik usus ayam Pak Rebo Surabaya sudah baik dalam melaksanakan rantai pasokan halal sesuai dengan parameter prinsip rantai pasokan halal yang dirancang oleh peneliti terdahulu dan hampir semua kegiatan berjalan sesuai dengan syariah Islam, namun masih bisa dimaksimalkan kembali untuk memperoleh kinerja rantai pasokan halal yang maksimal. Implementasi rantai pasokan halal pada keripik usus ayam Pak Rebo Surabaya masih memerlukan beberapa perbaikan kembali seperti mengenai penggunaan minyak untuk menggoreng dan kebersihan karyawan dalam proses produksi. Untuk penelitian selanjutnya, perlu diberikan usulan konsep kerangka rantai pasokan halal yang baik yang dapat memaksimalkan kinerja setiap pihak dalam rantai pasokan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dewi, Fatimah Sarig94218175@uinsby.ac.idG94218175
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.id--
Subjects: Ekonomi Islam
Bisnis
Wirausaha
Keywords: rantai pasok halal; UMKM Pak Rebo Surabaya; proses persiapan produksi; proses produksi; proses distribusi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fatimah Sari Dewi
Date Deposited: 26 Dec 2022 02:49
Last Modified: 26 Dec 2022 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58429

Actions (login required)

View Item View Item