Implementasi teknik self management untuk mengatasi kecanduan game online higgs domino island pada mahasiswa di Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sedayu, Adi Agung (2022) Implementasi teknik self management untuk mengatasi kecanduan game online higgs domino island pada mahasiswa di Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Adi Agung Sedayu_B93218120.pdf

Download (2MB)

Abstract

Fokus pada penelitian ini adalah untuk mengetahui (1) Bagaimana proses implementasi teknik self management untuk mengatasi kecanduan game online Higgs Domino Island dan (2) Bagaimana hasil implementasi teknik self management untuk mengatasi kecanduan game online Higgs Domino Island. Untuk dapat menjawab persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus yaitu pada seseorang yang mengalami kecanduan game online Higgs Domino Island dan teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif komparatif. Proses konseling yang dilaksanakan melalui lima tahapan antara lain identifikasi masalah, prognosis, diagnosis, treatment, kemudian yang terakhir evaluasi dan follow-up. Sedangkan treatment yang digunakan adalah teknik self management. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan adanya perubahan yang terjadi pada perilaku konseli namun secara bertahap. Pada proses treatment dengan menggunakan teknik self management, melalui beberapa tahapan antara lain 1) monitoring diri atau observasi diri; 2) pengaturan lingkungan; 3) evaluasi diri; dan 4) pengukuhan, penghapusan dan hukuman. Setelah melalui tahapan teknik self management, terjadi beberapa perubahan yang signifikan dialami oleh konseli sesuai dengan target perubahan yang ingin dicapai konseli, seperti intensitas waktu bermain game yang semakin menurun, konseli dapat membatasi diri dalam hal pemborosan, konseli yang hanya marah sesekali saja, konseli mampu mengatur waktu perkuliahan maupun ibadahnya dan adapula perilaku yang berhasil dihilangkan konseli, yaitu berhutang kepada temannya. Hal ini menunjukkan bahwa konseli dapat mengatasi kecanduan terhadap game online Higgs Domino Island.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sedayu, Adi Agungadiagungp9@gmail.comB93218120
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil--2015066501
Subjects: Candu
Game Online
Keywords: self management; kecanduan; game online higgs domino island
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Adi Agung Sedayu
Date Deposited: 01 Dec 2022 02:41
Last Modified: 01 Dec 2022 02:41
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58441

Actions (login required)

View Item View Item