Pemberdayaan perempuan melalui inovasi pembuatan produk olahan singkong di Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafi', Muhammad Bahroini (2022) Pemberdayaan perempuan melalui inovasi pembuatan produk olahan singkong di Desa Gaji Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Bahroini Nafi'_B02216033.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang proses pendampingan yang dilakukan kepada kelompok ibu rumah tangga Desa Gaji sebagai upaya untuk membantu meningkatkan perekonomian dengan cara memanfaatkan pengolahan hasil pertanian di Desa Gaji. Dalam penelitian ini berisikan tentang bagaimana strategi pendampingan, dan bagaimana perubahan sebelum dan sesudah pendampingan dilakukan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Assed Basic Community Development) dimana metode ini berfokus pada aset yang ada untuk dimobilisasi untuk memajukan perekonomian masyarakat. Dalam metode ini memiliki tahapan yang biasa disebut dengan siklus 5-D yaitu Define, discovery, dream, design, dan destiny. Hasil dari pendampingan ini adalah meningkatnya pengetahuan dari para ibu rumah tangga yang ada di Desa Gaji tentang pengolahan singkong dan cara untuk memasarkanya, yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyrakat desa. Dalam mewujudkan hal tersebut, para ibu rumah tangga belajar cara untuk pembuatan keripik singong secara langsung dan pemasaranya secara online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafi', Muhammad Bahroini-B02216033
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriah, Ries Dyah2019047802risdyah@uinsby.ac.id
Subjects: Ekonomi
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan perempuan; produk olahan singkong
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mohammad Bahroini Nafi'
Date Deposited: 05 Dec 2022 03:55
Last Modified: 05 Dec 2022 03:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58444

Actions (login required)

View Item View Item