Keputusan masyarakat non muslim menggunakan jasa pembiayaan murabahah pada Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sinulingga, Rahmat Rizki (2022) Keputusan masyarakat non muslim menggunakan jasa pembiayaan murabahah pada Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rahmat Rizki Sinulingga_G74218121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pasar keuangan Syariah merupkan suatu tren baru bagi masyarakat Indonesia yang pendudukanya bukan hanya saja di isi oleh ummat muslim saja. Dalam perkembangannya di negara Indonesia patu di apresiasi disebabkan mampu menarik minat masyarakat muslim maupun non-muslim untuk menggunakan produknya. Penelitian ini berfokus ke arah keputusan masyarakat non-muslim untuk menggunakan produk pembiayaan murabahah yang ada pada bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat. Pada penelitian ini peneiliti menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah diperoleh tersebut dianalisa dengan teknik deskriptif kualitatif menggunakan konsep Miles and Huberman yang terdiri dari tahap data reduction, data display, dan conclusion drawing. Penelitian ini menghasilkan, bahwa masyarakat non-muslim yang menggunakan produk yang ada pada Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat mendapatkan pandangan positif terhadap produk tersebut, masyarakat non-muslim dalam melakukan keputusan dengan produk tersebut disebabkan memiliki faktor, faktor tersebut merupakan Kebutuhan, Perbandingan Harga, promosi, serta Jenis Merk Barang. Faktor tesrsebut menjadikan dorongan Masyarakat non-muslim untuk melakukan keputusan terhadap penggunaan Produk Pembiayaan Murabahah pada Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat. Disisi lain ada beberapa Masyarakat non- muslim yang masih merasakan kekecewaan terhadap Bank Sumut KCP Rantau Prapat. Kekecewaan ini terjadi karena adanya kesulitan Resturisasi terhadap produk pembiyaan KPR rumah dan lamanya proses pengiriman produk yg dirasakan nasabah sepeda motor.Walaupun secara keseluruhan dari nasabah tersebut masih menunjukkan kepuasan. Dari hasil peneliti diharapkan bisa membantu Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat supaya dapat memperbaikinnya. Oleh karena itu, diharapkan pada Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat lebih memperhatikan kekecewaan yang didapatkan oleh nasabah non-muslim yang menggunakan produk pada bank tersebut, guna untuk tetap mempertahankan eksistensi Bank Sumut KCP Syariah Rantau Prapat tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sinulingga, Rahmat Rizkirahmatrizkisinulingga@gmail.comG74218121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYudha, Ana Toni Roby Candraanatoniroby@uinsby.ac.id2016033111
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Masyarakat
Keywords: Keputusan; masyarakat non-muslim; pembiayaan murabahah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rahmat Rizki
Date Deposited: 07 Dec 2022 07:07
Last Modified: 07 Dec 2022 07:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58460

Actions (login required)

View Item View Item