Pesan dakwah solahing ilat ajaran suku Samin dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Jawa Tengah: tinjauan pendekatan dakwah kultural

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anwar, Shofy Muzaka (2022) Pesan dakwah solahing ilat ajaran suku Samin dalam kehidupan bermasyarakat di Desa Klopoduwur Kecamatan Banjarejo Kabupaten Blora Jawa Tengah: tinjauan pendekatan dakwah kultural. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofy Muzaka Anwar_B01218040.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggali pesan dakwah yang terkandung dalam Solahing Ilat ajaran Suku Samin, serta menjelaskan cara penerapan ajaran tersebut dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Desa Klopoduwur. Untuk mengkaji persoalan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data penelitian didapatkan dari hasil observasi, wawancara dan dokumentasi. Kemudian data tersebut di analisis dengan menggunakan analisis etnografi komunikasi dari Dell Hymes, yaitu situasi komunikatif, peristiwa komunikatif, dan tindak komunikatif. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa Solahing Ilat ajaran Suku Samin memiliki pesan dakwah yang meliputi Syariah dan akhlak. Untuk penerapannya dalam kehidupan sehari-hari dilakukan dengan kegiatan jagongan, gotong royong yang didasari dengan menjunjung tinggi nilai kemanusiaan. Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya, dapat meneiliti budaya serupa atau budaya lain dengan fokus dan analisis yang berbeda.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anwar, Shofy MuzakaShofymuzakaanwar@gmail.comB01218040
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Dakwah
Masyarakat
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pesan dakwah; solahing ilat; ajaran suku Samin; masyarakat; dakwah kultural
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Shofy Muzaka
Date Deposited: 12 Dec 2022 07:37
Last Modified: 12 Dec 2022 07:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58479

Actions (login required)

View Item View Item