Evaluasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Alam Citra Insani dan SDN 4 Made Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afifah, Kiki Rizkiatul (2022) Evaluasi program Sekolah Ramah Anak (SRA) di SD Alam Citra Insani dan SDN 4 Made Lamongan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Rizkiatul Afifah_02041020007.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program SRA, implementasi program SRA, respon siswa tentang implementasi keberhasilan program SRA dan faktor pendukung dan pengambat pelaksanaan program SRA di SD Alam Citra Insani dan SDN 4 Made Lamongan. Pada penelitian yang dilakukan, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang mempunyai ciri khas alami dan sesuai fakta sebagai sumber data langsung. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Teknik analisis datanya menggunakan meliputi reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan perpanjang pengamatan, meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa dalam pelaksanaan program SRA di SD Alam Citra Insani SDN 4 Made Lamongan. Sekolah melindungi anak dari kekerasan dan diskriminasi, Guru memberikan proses belajar yang menyenangkan, penerapan program SRA di laksanakan tiap hari, tetapi pada masa pandemi Covid-19 tidak berjalan karena sekolah menerapkan pembelajaran online. Respon siswa tentang penerapan program SRA di SD Alam Citra Insani menghasilkan persentase nilai sebanyak 66%. Sedangkan di SDN 4 Made menghasilkan persentase nilai sebanyak 67%. Dari kedua persentase tersebut dapat dilihat bahwa kedua sekolah sudah menerapkan program SRA terhadap siswa. Faktor pendukung dari program SRA dari pihak sekolah, pihak guru, pihak siswa, pihak paguyuban. Faktor Penghambatnya Masa pandemi Covid-19.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afifah, Kiki Rizkiatulkikirizkiyatulafifah@gmail.com02041020007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSalik, Mohamadsalik_mohamad@yahoo.com2012126702
Thesis advisorSuryani, Suryanitaqi_77@yahoo.com2012087701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Evaluasi Program; Sekolah Ramah Anak
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Kiki Rizkiatul Afifah
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:24
Last Modified: 13 Dec 2022 04:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58491

Actions (login required)

View Item View Item