Bauran pemasaran syariah pada usaha mikro kecil menengah desa Purworejo kecamatan Pilangkenceng

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriana, Lutfia (2022) Bauran pemasaran syariah pada usaha mikro kecil menengah desa Purworejo kecamatan Pilangkenceng. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfia Fitriana_G94218191.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Bauran Pemasaran Syariah Pada Usaha Mikro Kecil Menengah Desa Purworejo Kecamatan Pilangkenceng” merupakan penelitian yang dilatar belakangi oleh pertumbuhan UMKM yang ada di Desa Purworejo pada tahun 2021. Meskipun banyak masyarakat yang membuka usaha, tetapi masih ada sebagian pemilik usaha yang kurang memahami penerapan bauran pemasaran syariah. Seperti dalam komponen promosi yang dilakukan, pemilik usaha masih menerapkan alat pemasaran langsung (konsumen ke konsumen), dan tenaga kerja yang masih kurang terlatih dan terdidik dibidangnya. Sehingga menimbulkan rumusan masalah bagaimana penerapan bauran pemasaran syariah pada usaha mikro kecil menengah Desa Purworejo Kecamatan Pilankenceng? Metodologi dalam penelitian ini, penulis menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang berjenis deskriptif. Dengan menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi terkait teori tersebut, penulis jadikan sebagai sumber primer dan sekunder dalam penelitian. Yang kemudian sumber tersebut diolah dijadikan sebagai analisis bahan penelitian. Berdasarkan latar belakang, rumusan masalah dan metodologi yang digunakan dapat dihasilkan bahwa komponen bauran pemasaran syariah yang terdiri dari 7P (produk, harga, promosi, tempat, tenaga kerja, proses, dan bukti fisik dilakukan pada usaha mikro kecil menengah Desa Purworejo Kecamatan Pilangkenceng. Sebagaimana ketentuan syariah yang berlaku, seperti produk yang bersifat halal, harga yang tidak menghasilkan keuntungan besar, promosi yang tidak dilebih-lebihkan, tempat yang strategis, tenaga kerja yang bertanggung jawab, proses transaksi penjualan yang semestinya, dan bukti fisik yang memberikan sarana dan prasarana yang nyaman dan bersih. Saran yang ingin disampaikan oleh penulis, untuk usaha mikro kecil menengah khususnya di Desa Purworejo Kecamatan Pilangkenceng yaitu untuk usaha yang sudah cukup besar di masyarakat mari menambah tenaga kerja dalam membantu melayani dan memasarkan produk usaha kepada konsumen, serta berilah harga yang sesuai dengan standart pasar tanpa mengambil keuntungan yang berlebihan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriana, Lutfialutfiafitriana914@gmail.comG94218191
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWigati, Srisriwigati@uinsby.ac.id2021027302
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: bauran pemasaran syariah; usaha mikro kecil menengah
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lutfia Fitriana
Date Deposited: 13 Dec 2022 05:17
Last Modified: 13 Dec 2022 05:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58494

Actions (login required)

View Item View Item