Implementasi pendidikan gender pada keluarga (dalam perspektif teori Talcott Parsons) di Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Napisah, Mafazatun (2022) Implementasi pendidikan gender pada keluarga (dalam perspektif teori Talcott Parsons) di Kelurahan Kebalen, Kecamatan Babelan, Kabupaten Bekasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mafazatun Nafisah_I03217009.pdf

Download (5MB)

Abstract

Pemahaman tentang gender dalam masyarakat awam masih sulit untuk diklasifikasikan bahwa itu kesataraan gender yang terapkan. Pemahaman tentang penting atau tidaknya pendidikan gendet dalam masyarakat Kebalen menjadi acuan alasan untuk melakukan penelitian ini. Serta bila pendidikan gender ini dianggap penting, maka bagimaana implementasi yang dilakukan oleh masyarkat Kebalen. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitaif, dengan mengunakan teknik perposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunkan teknik wawancara serta observasi yang mendalam pada informan yang berkaitan dengan fenomena yang diangjat penulis. Observasi, wawancara dan dokumentasi merupkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini. Teknik analisa data yang digunakan adalah dengan melakukan reduksi data yang dilanjutkan dengan penyajian data, lalu dilakukan penarikan kesimpulan. Teori Struktural Fungsional (AGIL) dari Talcott Parsons digunakan untuk menganalisis fenomena yang terjadi dalam penelitian ini. Triangulasi digunakan untuk mengecek keabsahan data yang ada dalam penelitian ini. Hasil penelitian membuktikan, bahwa: (1) pendidikan gemder dianggap penting oleh masyarat Kebalen, (2) implementasi pendidikan gender masyarakat Kebalen terbagi menjadi lima tujuh implementasi, (3) bentuk-bentuk implementasi pendidikan gender ada tiga bentuk yaitu toleransi dan menghargai pasangan, familly time, dan juga bonding.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Napisah, Mafazatunmafa901@gmail.comI03217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSetianingsih, Dwidwisetia@uinsby.ac.id2022127201
Subjects: Gender
Keluarga
Pendidikan
Keywords: Pendidikan gender; keluarga; teori Talcott Parsons
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Mafazatun Napisah
Date Deposited: 13 Dec 2022 07:43
Last Modified: 13 Dec 2022 07:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58506

Actions (login required)

View Item View Item