Dakwah Nahdlatul Ulama dalam menjaga kerukunan umat beragama Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhtar, Alvin Afif (2022) Dakwah Nahdlatul Ulama dalam menjaga kerukunan umat beragama Kabupaten Blitar. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alvin Afif Muhtar_02040720004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kerukunan beragama merupakan faktor penting dalam kehidupan multikultural dengan keragaman yang dimilikinya. Pluralitas agama merupakan kenyataan yang tidak dapat dipungkiri sehingga umat beragama memiliki kewajiban untuk mengakui dan menghormati agama lain. Menjaga kerukunan umat beragama merupakan tanggung jawab seluruh elemen bangsa dan negara Indonesia. Untuk itu, Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar memiliki program dakwah kerukunan umat beragama. Penelitian ini mengkaji pendekatan dakwah dan langkah-langkah dakwah Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) dalam menjaga kerukunan umat beragama Kabupaten Blitar. Metode penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara mendalam serta dokumentasi. Kemudian penelitian ini dianalisis menggunakan teori AGIL.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan dakwah kerukunan umat beragama oleh PCNU Kabupaten Blitar menggunakan pendekatan kebudayaan, pendekatan diskusi antar umat beragama, dan pendekatan misi. Tujuan dakwah kerukunan umat beragama adalah agar masyarakat dapat hidup dalam kerukunan dan kedamaian antar umat dari agama yang berbeda. Integrasi sosial masyarakat dibangun dengan peran tokoh agama, kiai atau ustadz, romo atau pastor, yang dalam kehidupan sosial memiliki pengaruh penting dalam masyarakat. Kerukunan beragama terikat atau terjaga dengan Generasi Muda Lintas Agama (Gemula), membangun kerja sama antar penganut agama, membangun dialog antar umat beragama, dan membangun sikap keterbukaan. Selanjutnya dalam langkah-langkah dakwah terdapat 3 tahap, antara lain: Input berupa dakwah kerukunan umat beragama yang menggunakan langkah internal dan eksternal. Langkah internal difokuskan pada internal Muslim dan langkah eksternal di luar agama Islam. Dengan adanya dakwah tersebut, kemudian mengalami perubahan atau konversi berupa dukungan dan hambatan dalam pelaksanaannya. Output dari proses dakwah ini dapat dilihat pada potret harmonisasi kerukunan umat beragama di Desa Boro dan Desa Sidodadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhtar, Alvin Afifcakalvinmuhtar@gmail.com02040720004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorShonhadji, Shonhadjilshonhadji,sholeh@gmail.com8886123419
Thesis advisorHamidah, Liliklilikhamidah89@gmail.com2017127301
Subjects: Ahlusunnah Waljama'ah
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendekatan Dakwah; Nahdlatul Ulama; Kerukunan Umat Beragama
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: ALVIN AFIF MUHTAR
Date Deposited: 13 Dec 2022 04:45
Last Modified: 13 Dec 2022 04:45
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58508

Actions (login required)

View Item View Item