Studi komparatif pemikiran Munawir Sjadzali dan Amina Wadud Muhsin tentang pembagian waris laki-laki dan perempuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khofifah, Siti Nur (2022) Studi komparatif pemikiran Munawir Sjadzali dan Amina Wadud Muhsin tentang pembagian waris laki-laki dan perempuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Khofifah_C01218032.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini bertujuan untuk menjawab permasalahan yang penulis batasi menjadi tiga permasalahan: Bagaimana pemikiran Munawir dan Amina tentang pembagian harta waris laki-laki dan perempuan? Bagaimana metode pemikiran Munawir Sjadzali dan Amina Wadud? Dan apa saja persamaan dan perbedaan pemikiran Munawir dan Amina? Penelitian ini adalah penelitian kepustakaan (library research) dengan menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi yaitu dengan cara mengumpulkan data melalui penelaahan sumber tertulis seperti buku. Kemudian, data yang sudah didapatkan dianalisis menggunakan pola pikir induktif dan metode analisis komparatif yaitu, membaca, menafsirkan dan analisis terhadap sumber data yang diperoleh kemudian di komparasi kan sehingga mendapatkan kesimpuan. Dari penelitian ini diketahui bahwa pemikiran Munawir mempunyai dasar dalam pemikirannya yaitu mengacu pada teori mas}lah}ah mursalah Al-Thufi dan Ijtihad Khalifah Umar bin Khattab yang juga dilakukan atas pertimbangan maslahat. Sehingga persamaan antara keduanya adalah dalam pembagian waris sama-sama tidak menerapkan konsep 2:1 di zaman sekarang sedangkan perbedaannya terletak pada metode pemikirannya. Sedangkan Munawir Sjadzali dan Amina Wadud mengenai konsep pembagian waris 2:1 jika dilaksanakan di zaman sekarang ini, dirasa sudah tidak relevan lagi karena tidak mencerminkan keadilan terutama kepada anak perempuan. Amina menjelaskan dalam bukunya bahwa ia menggunakan metode hermeneutika yang diusung oleh Fazlur Rahman. Dari kesimpulan di atas, penulis memberikan saran: Mengenai pembaharuan islam khususnya pada masalah kewarisan, baik dari pemikiran Munawir Sjadzali, akan lebih baik penulis maupun pembaca perlu mempelajari lebih lanjut supaya lebih yakin bahwa apakah benar yang disampaikan oleh para tokoh di atas sudah sesuai atau sudah mendekati dengan apa yang dimaksudkan oleh spirit Al-Qur’an serta Hadits Rasulullah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khofifah, Siti Nurkhofifahnur54@gmail.comC01218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorDarmawan, Darmawandai.wawan@gmail.com2010048001
Subjects: Pemikiran
Waris
Keywords: Pembagian waris; Munawir Sjadzali; Amina Wadud Muhsin
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Siti Nur Khofifah
Date Deposited: 14 Dec 2022 01:16
Last Modified: 14 Dec 2022 01:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58509

Actions (login required)

View Item View Item