Pengorganisasian masyarakat Ciliwung Condet dalam konservasi sungai Ciliwung untuk pelestarian lingkungan daerah Condet Kelurahan Balekambang kota Jakarta Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmadani, Desty Ayu (2022) Pengorganisasian masyarakat Ciliwung Condet dalam konservasi sungai Ciliwung untuk pelestarian lingkungan daerah Condet Kelurahan Balekambang kota Jakarta Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desty Ayu Rahmadani_B02218004.pdf

Download (6MB)

Abstract

Sungai Ciliwung yang tercemar dapat menjadikan dampak buruk dalam bencana banjir perihal kehidupan masyarakat didaerahnya. Serta juga ekosistem disekitar sungai tercemar. Selain itu terancam terdampak kerusakan lingkungan juga dialami masyarakat contonya di Daerah Condet, merupakan salah satu kawasab bantaran sungai Ciliwung yang mempunyai potensi tinggi terhadap ancaman banjir. Pada musim krisis lingkungan secara terus mengancam kenyamanan dan tingkat kerentanan bencana banjir di kehidupan setiap masyarakat banataran sungai Ciliwung. Seperti hal nya dampak buruk kerusakan lingkungan penyebab banjir karena acuh tak acuhnya masyarakat terhadap lingkungan. Banjir tidak hanya merendam rumah saja, tetapi juga bisa merengut banyak korban jiwa dalam aliran arus yang deras sekali. Faktor banjir biasanya diperoleh dari sampah-sampah yang hanyut dalam aliran sungai sehingga air sungai menjadi terhambat. Jumlah pemukiman penduduk di bantaran aliran sungai sebagai faktor penyebab banjir. Pada proses pendampingan yang akan dilakukan di daerah condet ini metedologi yang digunakan adalah PAR (Partisipatory Action Research). PAR merupakan penelitian yang melibatkan secara aktif semua pihak-pihak yang relevan (Stakeholders) dalam mengkaji tindakan yang sedang berlangsung (dimana pengalaman mereka sendiri sebagai persoalan) dalam rangka melakukan perubahan dan perbaikan kearah yang lebih baik. Untuk itu, mereka harus melakukan refleksi kritis terhadap konteks sejarah, politik, budaya, ekonomi, geografis dan konteks lain terkait yang mendasari dilakukannya PAR adalah kebutuhan kita untuk mendapatkan perubahan yang diinginkan. Strategi digunakan dalam menjaga dan pengelolaan konservasi sebagai upaya menjaga pelestarian lingkungan dalam kerusakan lingkungan di bantaran sungai ciliwung Condet yakni edukasi konservasi lingkungan, kampanye konservasi lingkungan, advokasi kebijakan pada pemerintah kota. Hasil dari kegiatan-kegiatan aksi yang telah dilakukan adalah kondisi lingkungan serta masyarakat mendapat pengetahuan baru mengenai konsep konservasi melalui pendidikan kampanye yang dilakukan. Serta masyarakat lebih memperdulikan lingkungan sekitar bantaran sungai ciliwung.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmadani, Desty AyuDestyayu2018@gmail.comB02218004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAfandi, Agusagusafandi66@gmail.com2006116602
Subjects: Lingkungan Hidup
Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Pengorganisasian; konservasi; Sungai Ciliwung
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Unnamed user with email destyayu2018@gmail.com
Date Deposited: 19 Dec 2022 04:23
Last Modified: 19 Dec 2022 04:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58513

Actions (login required)

View Item View Item