مشكلات تعليم اللغة العربية في تنمية المهارات اللغوية (دراسة تحليلية على نظرية علم التربية وعلم اللغة النفسي):لدى الطلبة بمدرسة خير الناس الثانوية سورابايا

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayantiأ, Primasti Nur Yusrin (2022) مشكلات تعليم اللغة العربية في تنمية المهارات اللغوية (دراسة تحليلية على نظرية علم التربية وعلم اللغة النفسي):لدى الطلبة بمدرسة خير الناس الثانوية سورابايا. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Primasti Nur Yusrin Hidayanti_02040920026.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan studi analisis berdasarkan teori pendidikan dan teori psikolinguistik yang berfokus pada tiga tujuan yaitu 1) Mengetahui bagaimana proses pembelajaran bahasa Arab di Sekolah SMA Khairunnas Surabaya, 2) Mengetahui bagaimana kesulitan yang di alami dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA Khairunnas Surabaya, 3) Mengetahui sebab dan solusi terhadap kesulitan yang di alami dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA Khairunnas Surabaya ditinjau berdasarkan teori pendidikan dan teori psikolinguistik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan siswa kelas XI IPA di SMA Khairunnas surabaya sebagai sampel dalam penelitian. Sumber data dalam penelitian ini adalah guru bahasa Arab dan siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan diantaranya observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, hasil yang diperoleh adalah 1) Guru telah menggunakan beberapa unsur utama dalam pembelajaran Bahasa Arab di SMA Khairunnas Surabaya, 2) Kesulitan yang dihadapi terbagi menjadi tiga bagian yaitu kesulitan individu, kesulitan dalam berbahasa dan kesulitan komunikatif, 3) Adapun sebab dan solusi yang ditemukan pada penelitian ini, sebab kesulitan pembelajaran Bahasa Arab ditinjau dari teori pendidikan yaitu kurangnya motivasi belajar bagi siswa, minat belajar Bahasa Arab yang rendah dan penggunaan metode pembelajaran yang kurang tepat. Sedangkan jika ditinjau dari teori psikolinguistik menyatakan bahwa pembelajaran bahasa asing yang terbatas oleh waktu dan tempat dan guru tidak menggunakan metode yang bervariasi saat proses pemelajaran Bahasa Arab berlangsung

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayantiأ, Primasti Nur Yusrinasprimastii@gmail.com02040920026
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunaedi, Junaediulul_masedi@yahoo.com2024126501
Thesis advisorTaufik, Mirwan Ahmadmirwan@uinsby.ac.id2014038501
Thesis advisorUNSPECIFIEDUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Bahasa Arab
Keywords: Kesulitan belajar; psikolinguistik; bahasa arab
Divisions: Program Magister > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: primasti Primasti Nur
Date Deposited: 23 Dec 2022 06:47
Last Modified: 07 Feb 2023 16:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58519

Actions (login required)

View Item View Item