Implementasi penilaian pembelajaran PAI berbasis Aplikasi Quickedu School siswa Kelas XII usaha perjalanan wisata di SMK Satya Widya Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputri, Anggrayu Kurnia (2022) Implementasi penilaian pembelajaran PAI berbasis Aplikasi Quickedu School siswa Kelas XII usaha perjalanan wisata di SMK Satya Widya Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anggrayu Kurnia Saputri_F02318072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Implementasi Penilaian Pembelajaran PAI berbasis Quickedu School (Studi kasus di SMK Satya Widya Surabaya) adalah didasrkan pada perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat, khususnya dalam bidang penidikan. penilaian pembelajaran secara konvesional selama ini masih terdapat banyak kekurangan, seperti validitas hasil ujian, efisiensi serta keefektifan. sehingga sangat dibutuhkan teknologi yang bisa menjadi solusi terhadap persoalan tersebut. Teknologi tersebut berupa system yang membantu guru dalam melakukan penilaian, yaitu ujian berbasis komputer. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mendeskripsikan bagaimana implementasi penilaian untuk materi pada pelajaran PAI dengan menggunakan aplikasi QuickEdu School. Mendeskripsikan hasil implementasi penilaian materi pada pelajaran PAI terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan aplikasi QuickEdu School. Mendeskripsikan kendala-kendala dalam penggunaan aplikasi QuickEdu School untuk melakukan penilaian materi pada pelajaran PAI. Untuk mencapai tujuan tersebut, penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, Dalam penelitian ini nantinya akan menggunakan studi kasus, yakni tentang Implementasi Penilaian Pembelajaran PAI berbasis Aplikasi Quickedu dan kendala-kendala apa saja yang ditemukan dalam menggunakan aplikasi tersebut. Teknik pengumpulan data yang digunakan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa : Hal – hal yang dilakukan pada tahap implementasi penilaian PAI melalui aplikasi Quickedu School yaitu : a) Mempersiapkan sistem secara teknis, b) Memasukkan data guru dan siswa, c)Membuat soal dan kunci jawaban dari akun masing-masing guru bidang studi, d)Mempersiapkan sarana dan prasarana beserta training, e) Guru memberikan pengarahan dan petunjuk penggunaan Quickedu, f) Siswa melakukan login pada laman quickedu dengan username dan password, g) Setelah selesai dilanjutkan logout,Pada hasil implementasi penilaian PAI terhadap hasil belajar siswa di SMK Satya Widya Surabaya memberikan berbagai manfaat diantaranya : a) Guru tidak perlu mengkoreksi manual, karena skoring penilaian otomatis, b) .Hemat waktu, c) Menghemat anggaran, d) Membantu guru dalam menganalisis soal dengan cepat, e) Efektif, efisien dan valid. Kendala-kendala yang terdapat dalam menggunakan Quickedu School adalah a) Banyak siswa yang terlambat sehingga menganggu sesi selanjutnya, b) Jaringan yang kurang stabil, c) Beberapa guru masih kurang menguasai aplikasi quickedu, d) Beberapa siswa masih belum bisa mengoprasikan laptop untuk menggunakan quickedu

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputri, Anggrayu Kurniaanggrayuks@gmail.comF02318072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Thesis advisorNu'man, Muhammadnuman_umar@yahoo.com2022026901
Subjects: Pendidikan > Evaluasi
Keywords: Implementasi Penilaian Pembelajaran PAI; Quickedu School.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Anggrayu Kurnia Saputri
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:58
Last Modified: 21 Dec 2022 06:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58526

Actions (login required)

View Item View Item