Penguatan kapasitas Jam’iyah Habsy Raihanatul Qalbi melalui inovasi pemasaran digital Anyaman Purun di Desa Haur Gading Kecamatan Haur Gading Kabupate Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ani, Nur Safitri (2022) Penguatan kapasitas Jam’iyah Habsy Raihanatul Qalbi melalui inovasi pemasaran digital Anyaman Purun di Desa Haur Gading Kecamatan Haur Gading Kabupate Hulu Sungai Utara Kalimantan Selatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Safitri Ani_B72218080.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuannya yakni untuk menguatkan kapasitas para Pemuda melalui inovasi pemasaran digital anyaman purun yang dilihat dari aset dan potensi yang dimiliki oleh para jamiyyah Habsyi Raihanatul Qalbi dalam menguasai teknologi digital dan adanya potensi dari kerajinan anyaman Purun yang bisa terus ditingkatkan pemasarannya. Metode Pemberdayaan yang diterapkan pada penelitian ini menggunakan metode ABCD (Asset Based Community Development). Artinya peneliti bersama pemuda mulai melakukan pemanfaatan aset secara maksimal untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Proses yang dilakukan yaitu mulai dari inkulturasi dengan masyarakat sampai dilakukannya tahapan 5D (Define, Discovery, Dream, Design, Destiny) dengan melakukan analisis Low Hanging Fruit dan Leaky Bucket. Adapun strategi yang dilakukan pada program aksi ini adalah mengajak Pemudi untuk bisa mengoptimalkan Pemasaran produk anyaman purun agar bisa membuka peluang pasar yang lebih luas untuk menguatkan ekonomi mereka. Sehingga hasil akhir dalam penelitian ini adalah adanya penguatan pasar dari para pemuda yang tergabung dalam kelompok usaha juga terciptanya kompetensi baru dalam diri individu para pemudi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ani, Nur SafitriB72218080@uinsby.ac.idB72218080
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiesdiyah, Fitriahrisdyah@gmail.com2019047802
Subjects: Dakwah > Dakwah, Remaja
Dakwah > Dakwah bil Hal
Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Keywords: Jamiyyah Habsyi Raihanatul Qalbi; Pemasaran Digital; Penguatan kapasitas
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nur Safitri Ani
Date Deposited: 21 Dec 2022 07:19
Last Modified: 21 Dec 2022 07:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58545

Actions (login required)

View Item View Item