Ikhlas sebagai pengendali stress: perspektif 'Abd al-Malik Amrullah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hakim, Luqman (2022) Ikhlas sebagai pengendali stress: perspektif 'Abd al-Malik Amrullah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Luqman Hakim_E07216005.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang konsep Ikhlas Sebagai Cara Pengendali Stres Perspektif Buya Hamka yang melatar belakangi dengan kejadian kenapa setiap seorang stres mengapa bisa dirinya malah menjauh dari tuhan bukan malah mendekat kan diri kepada peciptanya. atas beberapa perumusan asalah yakni: Pertama, Bagaimana konsep ikhlas dan implementasi ikhlas menurut Buya Hamka? Kedua, bagaimana peran ikhlas dalam pengendalian stres? Penelitan ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif berdasarkan kajian pustaka (Library Research) serta menggunakan teknik pengumpulan data, yaitu dengan cara memperoleh bukti data yang tersurat berkenaan dengan probema yang diangkat. Hasil dari penelitian ini adalah stress timbul karena beberapa sebab yang diantaranya adalah Karena seorang belum bisa menerima kenyataan tidak sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, jika tidak ingin berada di posisi stres, maka seseorang harus mampu memposisikan diri sebagai manuisa yang ikhlas, menerima keadaan dan kenyataan dan harus ridho apa yang telah Tuhan berikan kepada seorang tersebut. Menurut Buya Hamka, dengan ikhlas atas ketentuan yang diberikan Tuhan, manusia lebih menghargai arti kehidupan dan melakukan semua aktivitas serta kegiatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hakim, Luqmanzuuluha@gmail.comE07216005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTasmuji, Tasmuji--2027096201
Subjects: Akhlak
Ibadah
Tasawuf
Keywords: Ikhlas; Stres; Hamka
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Akhlak dan Tasawuf
Depositing User: Luqman Hakim
Date Deposited: 21 Dec 2022 06:23
Last Modified: 21 Dec 2022 06:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58550

Actions (login required)

View Item View Item