Analisis hukum Islam pada kerjasama adsense di channel youtube Indra Hard

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Erbakan, Muhammad Azzam (2022) Analisis hukum Islam pada kerjasama adsense di channel youtube Indra Hard. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Azzam Erbakan_C02217032.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul ”Analisis Hukum Islam pada Kerjasama Adsense di Channel Youtube Indra Hard“ merupakan penelitian yang bertujuan untuk menjawab suatu permasalahan tentang praktik kerjasama Adsense yang dilakukan antara Google Adsense dengan Youtuber Indra Hard di Channel youtube miliknya, dan analisis hukum Islam terhadap kerjasama yang dilakukan oleh Google Adsense dengan Youtuber Indra Hard. Penelitian ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) yang berjenis penelitian kualitatif dengan mengumpulkan data dari sejumlah wawancara dengan pihak yang terkait dan dokumentasi. Data tersebut diolah dengan menggunakan metode analisis deskriptif, yakni tentang mekanisme akad kerjasama adsense yang terdapat di Channel Youtube Indra Hard. Lalu output dari penelitian ini adalah tentang analisis yang diuraikan dengan berpijakan pada hukum Islam tentang skema akad syirkah yang terjalin antara Google Adsense dengan Youtuber Indra Hard. Pada kerjasama Google Adsense denganYoutuber Indra Hard, peneliti mengidentifikasi adanya unsur gharar atau ketidak jelasan mengenai spesifikasi iklan yang menjadi objek kerjasama antara Google Adsense dengan Youtuber Indra Hard. Dalam kontrak akad kerjasama tersebut, Youtuber Indra Hard tidak mengetahui jenis iklan apa yang akan ditayangkan dalam channel Youtube miliknya. Iklan iklan yang ditayangkan tersebut juga tidak sesuai dengan isi konten pada Channel Youtube Indra Hard dan iklan tersebut cenderung bersifat distruktif. Sedangkan dalam hukum Islam yang mengatur jenis usaha syirkah yang halal dan sesuai dengan prinsip syariah, agar terbebas dari unsur gharar serta menjaga keabsahan dalam transaksi tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Erbakan, Muhammad Azzammuhazzamerbakan@gmail.comC02217032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukkaram, Akhmad--2023095601
Subjects: Mudarabah
Hukum Ekonomi
Keywords: hukum Islam; kerjasama adsense; youtub
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: S.H. Muhammad Azzam Erbakan
Date Deposited: 23 Dec 2022 08:17
Last Modified: 23 Dec 2022 08:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58575

Actions (login required)

View Item View Item