Students’ preferences on media used in online efl classroom : a survey study

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faizah, Nurul (2022) Students’ preferences on media used in online efl classroom : a survey study. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Faizah_D75218042.pdf

Download (4MB)

Abstract

Regulasi belajar dari rumah di masa pandemi Covid-19 membuat siswa kesulitan belajar secara online. Guru harus dapat mengubah informasi secara efektif, dan penggunaan media mungkin bermanfaat untuk memfasilitasi pemahaman siswa. Faktanya, terdapat berbagai macam tipe media yang bisa membantu proses belajar mengajar. Untuk itu, mengetahui preferensi media dan respon siswa adalah hal yang sangat penting untuk mengoptimalkan pemahaman siswa di dalam kelas EFL online. Studi kuantitatif ini bertujuan untuk mengetahui jenis media yang disukai siswa dalam pembelajaran online dan tanggapan mereka terhadap penggunaan media tertentu. Data diperoleh dari kuesioner survei yang melibatkan 164 siswa sekolah menengah pertama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih menyukai media audio visual untuk pembelajaran di kelas EFL online. Media yang diidentifikasi antara lain Video YouTube, Kuis Online, dan Program TV. Siswa percaya bahwa media dapat menarik perhatian siswa karena memiliki fitur yang menarik seperti animasi, warna, dan suara. Media juga membantu siswa mencapai tujuan pembelajaran, dan membantu siswa memahami materi yang disajikan. Berkaca pada temuan ini, guru dapat mempertimbangkan untuk menggunakan media pembelajaran yang sama seperti yang ditemukan dalam penelitian ini dan memastikan penggunaan media tidak hanya menarik minat siswa dalam belajar tetapi juga memfasilitasi pemahaman mereka di kelas EFL online.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faizah, Nurulnurulfaizah678@gmail.comD75218042
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriah, Fitriahfitriahasad@yahoo.com2004107602
Thesis advisorMadjid, Hilda Izzatihilda.izzati.madjid@gmail.com2010028601
Subjects: Bahasa Inggris
English Learning
Teknologi
Keywords: students’ preferences; learning media; online EFL classroom
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Nurul Faizah
Date Deposited: 23 Dec 2022 02:04
Last Modified: 23 Dec 2022 02:04
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58578

Actions (login required)

View Item View Item