Pengembangan model project based learning berbasis hybrid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik SDIT At-Taqwa Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Nadia Risya (2022) Pengembangan model project based learning berbasis hybrid untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik SDIT At-Taqwa Surabaya. Pengembangan Model Project Based Learning Berbasis Hybrid Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Kritis Peserta Didik SDIT At-Taqwa Surabaya. (Unpublished)

[img] Text
Nadia Risya Faridah_02041020009.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pembelajaran jarak jauh yang dilaksanakan guna menekan persebaran Covid-19 telah memasuki titik jenuh pada peserta didik. Hal tersebut ditandai dengan adanya peserta didik yang pasif jika diberikan kesempatan menanggapi sebuah permasalahan yang diberikan oleh guru. Sehingga diperlukan sebuah variasi pembelajaran yang melibatkan antar peserta didik secara berkelompok dengan pendekatan kontruktivistik. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan desain pengembangan model project-based learning berbasis hybrid, menguji kelayakan model project- based learning berbasis hybrid, mendeskripsikan implementasi model project- based learning berbasis hybrid, dan menunjukkan efektivitas model project-based learning berbasis hybrid yang digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan kritis peserta didik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Developement dengan model ADDIE yang meliputi 5 tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Subjek penelitian ini adalah 27 peserta didik kelas VI SDIT At-Taqwa Surabaya. Pengumpulan data dilakukan menggunakan teknik observasi, angket, wawancara, dokumentasi dan tes. Data yang dikumpulkan akan dianalisis menggunakan teknik analisis kualitatif deskriptif, validitas dan efektivitas. Desain produk yang dikembangkan mengacu pada kondisi kemampuan berpikir peserta didik yang perlu ditingkatkan. Model pembelajaran yang dikembangkan berhasil mendapatkan hasil sangat baik berdasarkan hasil observasi aktivitas guru, peserta didik, dan respon peserta didik. Berdasarkan uji efektivitas yang dilakukan menggunakan teknik analisis paired sample t-test dan independent sample t-test menunjukkan terdapat adanya efektivitas dari implementasi model project-based learning berbasis hybrid dalam peningkatan kemampuan berpikir kritis.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Nadia Risyanadiarisya37@gmail.com02041020009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda@uinsby.ac.id2007017001
Thesis advisorSuryani, Suryanisuryani@uinsby.ac.id2012087701
Subjects: Pendidikan
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: pengembangan model pembelajaran; hybrid learning, berpikir kreatif; berpikir kritis
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Faridah Nadia Risya
Date Deposited: 23 Dec 2022 01:58
Last Modified: 23 Dec 2022 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58581

Actions (login required)

View Item View Item