Halaqah sebagai strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa:study multikasus di asrama mahasiswa PESMA Thaybah Surabaya dan Ali bin Abi Thalib Surabaya)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilhamy, Gemma (2019) Halaqah sebagai strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa:study multikasus di asrama mahasiswa PESMA Thaybah Surabaya dan Ali bin Abi Thalib Surabaya). Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gemma Ilhamy_F12315209.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh satu fenomena yag didapati penulis, bahwa pembelajaran model halaqah merupakan model pembelajaran klasik dalam megajarkan Islam yang mulai diterapka di zaman Nabi, akan tetapi masih tetap relevan untuk diterapkan di zaman sekarang ditengah banyaknya model pembelajaran lain. Fokus penelitian ini mencakup (1) mengetahui konsep pelaksanaan halaqah di asrama mahasiswa PESMA Thaybah Surabaya dan STAI Ali bin Thalib Surabaya, (2) megetahui peran halaqah sebagai salah satu strategi pembelajaran PAI dalam meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa, dan (3) faktor pendukung serta penghambat penerapan pembelajaran model halaqah di asrama mahasiswa PESMA Thaybah Surabaya dan asrma mahasiswa STAI Ali bin Abi Thalib Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field Research) menggunakan pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian ini adalah studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah mahasiswa yang tinggal di asrama, kepala asrama dan beberapa pengajar halaqah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, interview, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif. Teknik pengecekan keabsahan data dilakukan melalui perpanjang keikutsertaan, pengamatan terus menerus dan tringgulasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Pembelajaran model halaqah yang dilakukan di asrama mahasiswa PESMA Thaybah dan STAI Ali bin Abi Thalib adalah salah satu model pembelajaran klasik yang sudah ada sejak zaman Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam. Dimana para murid duduk mengelilingi guru dan dilakukan di Masjid. Sedangkan materi yang diajarkan adalah materi-materi Pendidikan Agama Islam seperti Aqidah, Fiqh, Hadits dan lainnya. (2) Ada tiga faktor-faktor kunci pelaksanaan halaqah dalam meningkatkan pemahaman keagamaan mahasiswa di asrama mahasiswa PESMA Thaybah dan STAI Ali bi Abi Thalib, yaitu: pertama, pemateri/guru yang mempuni dalam keilmuan, yang menguasai materi yang diajarkan. Kedua, pemilihan materi/bahan ajar yang sesuai. Ketiga, metode penyampaian yang beragam. (3) Faktor pendukung dalam pelaksanaan pembelajaran halaqah adalah kedekatan antara guru dan mahasiswa, metode penyampaian yang beragam dan minat mahasiswa yang besar dalam mengikuti halqah. Sedangkan faktor penghambat adalah adanya pemateri yang monoton, fokus yang sering terganggu dan peserta yang tidak dibatasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilhamy, Gemmagemmailhamy@gmail.comF12315209
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifudin, Mokhammadmsyaifudin@gmail.com2013107303
Subjects: Pendidikan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: halaqah; strategi pembelajaran; pemahaman keagamaan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Unnamed user with email gemmafidyanti99@gmail.com
Date Deposited: 26 Dec 2022 07:48
Last Modified: 26 Dec 2022 07:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58609

Actions (login required)

View Item View Item