Internet language features used by male and female in written comments on Ed-Sheeran's shape of you music video on youtube

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdhayanti, Anita Eka (2022) Internet language features used by male and female in written comments on Ed-Sheeran's shape of you music video on youtube. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anita Eka Firdhayanti_A03216004.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada menganalisis fitur bahasa internet yang digunakan oleh pria dan wanita ketika mereka memberikan komentar pada video musik Ed Sheeran Shape of You. Dalam analisisnya, peneliti menggunakan teori fitur bahasa internet Danet (2001). Dalam penelitian ini, peneliti menjawab beberapa pertanyaan penelitian: (1) apa saja fitur bahasa internet yang digunakan oleh pengguna internet pria dan wanita yang tercermin dalam komentar tertulis mereka pada Shape of You karya Ed Sheeran di YouTube?, (2) Bagaimana fitur bahasa internet yang digunakan oleh pengguna internet pria dibandingkan dengan pengguna internet wanita sebagaimana tercermin dalam komentar tertulis mereka pada Shape of You karya Ed Sheeran di youtub ?. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dalam prosedur pengumpulan dan analisis data. Studi deskriptif dalam analisis tekstual diterapkan untuk mendeskripsikan data atau bahasa yang digunakan oleh pengguna internet pria atau wanita. Data dikumpulkan dari komentar teratas pada video musik Ed Sheeran Shape of You. Analisis dilanjutkan dengan mengidentifikasi fitur Bahasa internet yang digunakan oleh pengguna internet pria dan wanita. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa baik pria maupun wanita menggunakan semua fitur bahasa internet, ada tanda baca ganda, ejaan eksentrik, huruf kapital, tanda bintang untuk penekanan, tawa tertulis, musik/suara, deskripsi tindakan, emoji, singkatan, tulisan rebus, emoticon, dan semua huruf kecil. Namun, terdapat fitur bahasa internet yang dominan digunakan antara laki-laki dan perempuan. Fitur tertinggi yang digunakan oleh pria dan wanita adalah emoji, namun dalam jumlah yang berbeda. Untuk ciri-ciri terendah pada laki-laki adalah tanda bintang pada tulisan tekan dan rebus sedangkan pada perempuan ciri terendah hanya untuk tulisan rebus. Dalam penelitian ini, pengguna internet pria dan wanita menunjukkan bagaimana mereka memberikan komentar dan berkomunikasi dengan orang lain di internet.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdhayanti, Anita Ekaanitaekafirdhayanti@gmail.comA03216004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhandoko, Suhandokosuhandoko@uinsby.ac.id2028058902
Subjects: Bahasa Inggris
Gender
Komunikasi
Wanita
Budaya
Keywords: fitur Bahasa internet; komentar; laki-laki; perempuan
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sastra Inggris
Depositing User: Anita Eka Firdhayanti
Date Deposited: 30 Dec 2022 03:18
Last Modified: 30 Dec 2022 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58612

Actions (login required)

View Item View Item