Pelatihan dan pengembangan organisasi IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Ngoro di Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahman, Mukhibatul Ainia (2021) Pelatihan dan pengembangan organisasi IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Ngoro di Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mukhibatul Ainia Rahman_B04217027.pdf

Download (773kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep pelatihan dan pengembangan organisasi IPPNU (Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama) Ngoro di Mojokerto. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Kemudian, teknik pengumpulan data menggunakan cara triangulasi data. Cara tersebut dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara. Hasil penelitian ini meliputi: 1) Konsep pelatihan yang dilaksanakan oleh IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto untuk para kader dan anggotanya, yakni pelatihan formal dan non formal. 2) Konsep pengembangan yang dilaksanakan oleh IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto untuk para kader dan anggotanya, meliputi: Strategi dalam pemetaan anggota atau kader dalam upaya pengkaderan dalam ruang lingkup IPPNU, Penguatan kelembagaan, Penataan infrastruktur kepengurusan, Kegiatan FGD (focus group discussion) dan Pengembangan dari segi minat dan bakat atau potensi pada kader IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto. 3) Hambatan yang dialami dalam pelatihan untuk anggota dan kader PAC IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto memiliki 2 faktor yakni faktor internal dan faktor eksternal anggota dan kader. 4) Berdasarkan penelitian yang telah dilaksanakan menemukan fakta di lapangan, bahwa hambatan yang dialami dalam konsep pengembangan anggota dan kader IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto yakni, a) kurangnya kegiatan evaluasi serta komunikai antara pengurus PAC IPPNU dengan rantingnya, b) pengaruh lingkungan tempat tinggal, c) motivasi dari lingkungan, minat serta kiat yang ada dalam pribadi kader dan anggota IPPNU Kecamatan Ngoro Mojokerto.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahman, Mukhibatul Ainiaainiarahman287@gmail.comB04217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Organisasi Masyarakat
Keywords: pelatihan dan pengembangan organisasi IPPNU
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Mukhibatul Ainia rahman
Date Deposited: 27 Dec 2022 05:59
Last Modified: 27 Dec 2022 05:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58617

Actions (login required)

View Item View Item