Komunikasi transendental generasi milenial: studi fenomenologi Indonesia bersholawat pada majlis Ash-Shofa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sa'diyah, Halimatus (2022) Komunikasi transendental generasi milenial: studi fenomenologi Indonesia bersholawat pada majlis Ash-Shofa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Halimatus Sa'diyah_02040720013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas kajian komunikasi transendental, yaitu komunikasi yang terjadi antara seorang hamba dengan sang Pencipta. Masalah yang diteliti dalam Tesis ini adalah bagaimana proses pelaksanaan komunikasi transendental generasi milenial Majlis Ash-Shofa kepada Pencipta atau Allah SWT dan bagaimana pengalaman komunikasi transendental yang dialami oleh generasi Milenial Majlis Ash-Shofa. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah ingin mengetahui bagaimana proses. pelaksanaan serta pengalaman dari komunikasi transendental dengan menggunakan pendekatan studi fenomenologis. Peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik analisis interpretative phenomenological analysis (IPA). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi, serta dokumentasi.Adapun hasil dari penelitian ini ditemukan proses pelaksanaan komunikasi transendental yaitu beberapa informan memulai dengan mengambil air wudlu, sholat sunnah hajat, menghadap kiblat dilanjutkan membaca sholawat, memulai dengan bacaan al-qur’an Qs. Al-Ahzab: 56 dan melalui majlis ilmu dapat melihat sekumpulan orang berjubah putih bercahaya seperti m.alaikat Selain itu proses komunikasi transendental dilakukan melalui pengalaman metafisik atau religi seperti mimpi yang mana mimpi tersebut merupakan proses mendapatkannya pengetahuan seseorang serta pengalaman ghaib yang mungkin tidak bisa dibuktikan dengan kasat mata secara langsung. Pengalaman yang didapat dari proses melaksanakan komunikasi transendental ini diantaranya merasakan keberadaan Allah sebagai sandaran hati,, jiwa dan kejernihan berfikir, mendapat hidayah dan melihat wajah Allah dari segala Arah, merasakan bertambahnya iman, taqwa dan ibadah, adanya keinginan mengajak orang berjalan menuju kekasih Allah, mampu menyucikan diri dan jiwa, menjadi seorang hamba yang lebih ikhlas, ridho dan tawakkal. Rekomendasi dan saran kepada peneliti selanjutnya agar mampu menjadi acuan serta mampu mengembangkan penelitian ini. Disamping itu mengembangkan kajian komunikasi transendental menjadi lebih baik lagi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sa'diyah, Halimatushlimatus2411@gmail.com020407200013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMoefad, Agoes Moh.am.moefad@gmail.com2025087002
Thesis advisorHaris, Achmad Murtafiamharis05@gmail.com2004037002
Subjects: Doa dan Zikir
Komunikasi Dalam Islam
Tasawuf
Keywords: Komunikasi Transendental; Generasi Milenial; Sholawat
Divisions: Program Magister > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Halimatus Halimatus Sa'diyah
Date Deposited: 27 Dec 2022 04:01
Last Modified: 27 Dec 2022 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58631

Actions (login required)

View Item View Item