Pengaruh penerapan green accounting dan material flow cost accounting terjadap kinerja ekonomi dengan kinerja lingkungan sebagai variabel pemoderasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tiyas, Tiurnanda Arie Kusumaning (2022) Pengaruh penerapan green accounting dan material flow cost accounting terjadap kinerja ekonomi dengan kinerja lingkungan sebagai variabel pemoderasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tiurnanda Arie Kusumaning Tiyas_G02218022.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kinerja lingkungan dalam memoderasi hubungan green accounting dan MFCA terhadap kinerja ekonomi. Penelitian ini mengambil sampel pada perusahaan pertambangan tahun 2016-2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini menggunakan metode purposive sampling dalam pemilihan sampel. Berdasarkan kriteria yang telah ditentukan maka terdapat sebanyak 15 sampel perusahaan selama 6 tahun atau sebanyak 85 data. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu analisis regresi berganda dengan menggunakan alat bantu SPSS versi 22. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa green accounting dan material flow cost accounting tidak berpengaruh terhadap kinerja ekonomi perusahaan, sedangkan kinerja lingkungan secara parsial memiliki pengaruh terhadap kinerja ekonomi. Dalam penelitian ini juga menemukan hasil bahwa kinerja lingkungan merupakan bagian dari Prediktor Moderasi. Selain itu, hasil penelitian ini mengkonfirmasi bahwa teori stakeholder dan teori legitimasi dibutuhkan oleh setiap perusahaan untuk mencapai kepentingan pihak internal dan eksternal. Penelitian ini memberikan rekomendasi bagi pihak internal perusahaan untuk berpartisipasi secara aktif dalam melestarikan alam sekitar tepat usaha demi tercapainya kenyamanan kerja, keselamatan masyarakat dan keberlangsungan usaha. Selain itu, diharapkan perusahaan pertambangan semakin terbuka dalam mengungkapkan informasi mengenai lingkungan terhadap pihak terkait dan mengurangi kegiatan yang mengakibatkan kerusakan pada lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tiyas, Tiurnanda Arie Kusumaningtiurnandaarie@gmail.comG02218022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJunjunan, Mochammad Ilyasmij@uinsby.ac.id2030039303
Subjects: Ekonomi
Keywords: green accounting; material flow cost accounting; kinerja lingkungan; kinerja ekonomi; pertambangan; akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Tiurnanda Arie Kusumaning Tiyas
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:07
Last Modified: 27 Dec 2022 06:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58635

Actions (login required)

View Item View Item