Peran pembiayaan murabahah terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dhiba, Tifany Faizzah (2022) Peran pembiayaan murabahah terhadap pengembangan usaha mikro kecil dan menengah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tifany Faizzah Dhiba_G74218139.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini hasil penelitian tentang “Peran Pembiayaan Murabahah Terhadap Pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) Surabaya”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan tentang bagaimana implementasi pembiayaan murabahah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) Surabaya, bagaimana peran pembiayaan Murabahah terhadap pengembangan Usaha Mikro Kecil Menengah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA), dan bagaimana perkembangan usaha nasabah sebelum dan sesudah melakukan pembiayaan murabahah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) Surabaya. Dalam penelitian ini mengunakan pendekatan metode kualitatif berjenis deskriptif , jenis dan sumber data yang di ambil adalah dengan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi yang digunakan adalah langsung dari pihak BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) yang digunakan sebagai sumber data primer dan sekuder. Kemudian dari sumber tersebut dapat dianalisis dan dapat ditarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah yang dilaksanakan oleh BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) dapat membantu para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) agar tetap berjalan, menggembangkan usahanya, serta membantu meningkatkan omzet usaha. Hasil penelitian selanjutnya menunjukkan bahwa pembiayaan murabahah yang dilaksanakan di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) dapat membantu siklus usaha mikro agar tetap berjalan, serta membantu menigkatkan omzet usaha.Penambahan modal melalui pembiayaan murabahah di BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) mampu meningkatkan omzet pendapatan. Meningkatanya omzet dapat dilihat dari bertambhanya produk yang dijual (banyaknya produk), bertambahanya keuntungan yang dihasilkan. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti, terdapat saran dan masukan pada BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) yaitu diharapkan lembaga keuangan syariah seperti BMT Mandiri Ukhuwah Persada (MUDA) ini bisa hadir lebih banyak dikalangan masyrakat yang lebih luas agar menghindari dari riba.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dhiba, Tifany Faizzahtifanyfaizzah8@gmail.comG74218139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Muhammadmuhammadyazid02@gmail.com2017117304
Subjects: Ekonomi Islam
Murabahah
Keywords: BMT; murabahah; UMKM
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Tifany FD Tifany Tifany
Date Deposited: 27 Dec 2022 06:14
Last Modified: 27 Dec 2022 06:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58646

Actions (login required)

View Item View Item