Pandangan PC NU Pamekasan terhadap Gerbang Salam: studi analisis fenomenologi Edmund Husserl

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Moh. Samsul (2021) Pandangan PC NU Pamekasan terhadap Gerbang Salam: studi analisis fenomenologi Edmund Husserl. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Samsul Arifin_E01214011 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Berdiri di tengah-tengah daerah yang memiliki komitmen untuk menerapkan syari'at Islam seakan membuat PC. NU Pamekasan mengalami dilema. Satu sisi ia tidak bisa menolak derasnya arus keinginan untuk menerapkan syari'at Islam yang termanifestasikan dalam Gerbang Salam. Di lain sisi, sebagai bagian dari struktural NU, tentu PC. NU Pamekasan mempunyai tanggung jawab untuk melestarikan komitmen NU dalam menjaga dan memelihara keutuhan NKRI, salah satunya dengan mengenyampingkan ego-ego kelompok berupa hasrat penegakan khilafah sebagai sistem negara, serta penerapan syari'at Islam sebagai konstitusi negara. Artikel ini bertujuan untuk meneliti bagaimana respon PC NU Pamekasan terhadap wacana Gerbang Salam, serta respon PC NU Pamekasan terhadap wacana Gerbang Salam perspektif fenomenologi Edmund Husserl. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian field research. Adapun teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Sikap maupun respon yang dipilih oleh PC NU Pamekasan pada intinya menyetujui, bahkan mendukung penuh terkait Gerbang Salam. Meski di dalamnya terkandung muatan-muatan yang mencita-citakan formalisasi syari'at Islam; 2) Berdasarkan analisis fenomenologis memunculkan suatu hasil jikalau PC NU Pamekasan merespon baik, bahkan menyetujui terkait Gerbang Salam beserta muatan-muatan nilai yang terkandung di dalamnya berupa penerapan syari'at Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Moh. Samsulmohsamsul28@gmail.comE01214011
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZamzami, Mukhammadmukhammadzamzami@gmail.com2015098101
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Nahdlatul Ulama
Keywords: Gerbang salam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: MOH. SAMSUL ARIFIN
Date Deposited: 27 Dec 2022 08:26
Last Modified: 27 Dec 2022 08:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58652

Actions (login required)

View Item View Item