Analisis pemikiran tokoh ekonomi Islam Indonesia tentang merger Bank Syariah BUMN Menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmayati, Anggie Ika (2022) Analisis pemikiran tokoh ekonomi Islam Indonesia tentang merger Bank Syariah BUMN Menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI). Masters thesis, UIN SUNAN AMPEL SURABAYA.

[img] Text
Anggie Ika Rahmayati_F02419104.pdf

Download (937kB)

Abstract

Inisiasi pendirian mega merger Bank Syariah BUMN mendatangkan pro dan kontra di banyak tokoh. Beberapa tokoh yang menyikapi merger tersebut di antaranya ialah Agustianto Mingka dan Riawan Amin. Penelitian ini bertujuan: 1) Untuk menganalisis pemikiran Agustianto Mingka dan Riawan Amin tentang merger Bank Syariah BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam upaya peningkatan perbankan Syariah di Indonesia; 2) Untuk mendeskripsikan persamaan dan perbedaan pemikiran Agustianto Mingka dan Riawan Amin tentang merger Bank Syariah BUMN menjadi Bank Syariah Indonesia (BSI) dalam upaya peningkatan perbankan Syariah di Indonesia.
Penelitian ini tergolong penelitian kualitatif dengan pendekatan interpretative. Dalam pengumpulan data, riset ini menggunakan dua teknik, yakni wawancara dan studi dokumen. Dalam hal analisis data, penelitian ini menggunakan analisis isi dan analisis komparatif.
Kesimpulan dari riset ini: 1) Agustianto Mingka, melalui pemikirannya terhadap merger Bank Syariah BUMN menyatakan kesetujuannya. Kesetujuan ini didasarkan pada beberapa peluang dan kesempatan merger yang melebihi permasalahan, tantangan, serta konsekuensi mudhorot merger. Adapun Riawan Amin sebelum dilakukan merger, pemikirannya lebih tercurahkan kepada kelemahan-kelemahan, tantangan-tantangan, serta konsekuensi-konsekuensi merger yang berorientasi merger bukanlah solusi dan pilihan terbaik. Setelah dilakukan merger, solusi dan strategi yang diberikan oleh Agustianto Mingka sekiranya bank hasil merger menjadi bank besar ialah penambahan modal sekiranya Bank Syariah Indonesia (BSI) menempati BUKU IV, serta berfokus terhadap penanggulangan kelemahan dan tantangan merger. Adapun Riawan Amin setelah dilakukan merger juga berpendapat jika pemerintah perlu menambah modal kepada Bank Syariah Indonesia (BSI), sehingga Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi bank tergolong BUKU IV. Selain itu, strategi dan solusi yang diberikan oleh Riawan Amin dalam rangka mengusahakan Bank Syariah Indonesia (BSI) menjadi bank besar ialah dengan pengoptimalan sumber daya manusia dan sumber daya non manusia; 2) Persamaan pemikiran Agustianto Mingka dengan Riawan Amin, keduanya mengasumsikan solusi dan strategi merger berupa penambahan modal, sehingga BSI bisa menjadi bank BUKU IV yang arah geraknya lebih luas dari pada bank BUKU I, II dan III. Perbedaan pemikiran Agustianto Mingka dengan Riawan Amin bisa dilihat dari sebelum dan sesudah merger Bank Syariah BUMN. Sebelum merger, Agustianto Mingka menyatakan sikap kesetujuannya terhadap merger bank syariah BUMN. Sementara itu, Riawan Amin menyatakan ketidaksetujuannya sebab pengaruh dari pemikiran Anwar Abbas, ketua PP. Muhammadiyah. Perbedaan lain bisa dilihat dari segi strategi pembesaran merger bank syariah. Strategi yang dipilih oleh Agustianto Mingka berupa antisipasi terhadap permasalahan dan tantangan, serta penanggulangan terhadap kekurangan-kekurangan merger. Adapun Riawan Amin, strateginya lebih tercurahkan pada pengoptimalan sumber daya manusia dan sumber daya non manusia.
Dalam riset ini, penulis menuliskan tiga saran. Pertama, meneliti hal-hal yang besifat spesifik, seperti komparasi strategi pemikiran Agustianto Mingka dan Riawan Amin dalam membesarkan merger Bank Syariah BUMN. Kedua, meneliti seberapa efektif strategi yang diberikan oleh Agustianto Mingka dan Riawan Amin dalam membesarkan merger Bank Syariah BUMN. Ketiga, meneliti aspek kekurangan dan kelebihan strategi yang diberikan oleh Agustianto Mingka dan Riawan Amin dalam membesarkan merger Bank Syariah BUMN.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmayati, Anggie Ikaanggie.aquarius@gmail.comF02419104
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Thesis advisorHayati, Nurnurhayati@uinsby.ac.id2027066801
Subjects: Bank Islam
Ekonomi Islam
Keywords: Pemikiran tokoh; ekonomi Islam; Indonesia; merger Bank Syariah; BUMN; Bank Syariah Indonesia
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anggie Ika Rahmayati
Date Deposited: 29 Dec 2022 03:05
Last Modified: 29 Dec 2022 03:05
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58658

Actions (login required)

View Item View Item