Penguatan kapasitas masyarakat pesisir dalam penanggulangan dampak abrasi di Desa Tlonto Raja Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Quraysyi, Moh. Nurul Ilmi (2022) Penguatan kapasitas masyarakat pesisir dalam penanggulangan dampak abrasi di Desa Tlonto Raja Kecamatan Pasean Kabupaten Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Moh. Nurul Ilmi Quraysyi B72218077 ok.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini menjelaskan terkait proses pendampingan masyarakat serta Penguatan kapasitas terhadap masyarakat dalam menghadapi Bencana Alam berupa abrasi. bentuk tujuan dari adanya penelitian ini adalah untuk memberikan pemahaman terhadap masyarakat bahaya adanya abrasi serta memberikan pemahaman terkait terjadinya abrasi, dan juga memberikan solusi untuk menyelamatkan diri dari bencana alam berupa abrasi. Metode yang dipakai dalam proses penyusunan skripsi ini, merupakan yang melibatkan masyarakat yaitu PAR (Participatory action research) dimana keberlanjutan penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya permasalahan di wilayah tersebut, untuk kemudian menemukan suatu jalan dari permasalahan tersebut, sehingga terjadi perubahan yang lebih baik dalam lingkungan dan sosial di wilayah dampingan. Dimulai dari adanya tahapan inkulturasi (pendekatan awal), berbaur bersama masyarakat guna menumbuhkan dan mendapatkan kepercayaan, dukungan proses oleh masyarakat untuk melakukan aksi. Masyarakat hanya tanggap ketika adanya bencana alam tersebut. Namun tidak pada saat Pra bencana atau pasca terjadinya bencana, untuk mengurangi resiko yang timbul pasca bencana alam abrasi. Aksi yang sudah dicapai oleh peneliti yaitu; Edukasi terkait abrasi dan pelatihan jalur evakuasi, membangun komunitas tangguh bencana dalam lingkup Dusun, membuat draf kebijakan penanggulangan bencana alam abrasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Quraysyi, Moh. Nurul Ilmimuhammadnurulilmi07@gmail.comB72218077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id197906302006041001
Subjects: Bencana alam
Keywords: Penguatan kapasitas masyarakat; penanggulangan dampak abrasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Moh. Nurul Ilmi Quraysyi
Date Deposited: 30 Dec 2022 01:40
Last Modified: 30 Dec 2022 01:40
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58664

Actions (login required)

View Item View Item