Kinerja collection dengan metode Trend Analysis untuk kelancaran pengembalian pembiayaan di Bank BNI Syariah Cabang Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Purwanto, Agung (2016) Kinerja collection dengan metode Trend Analysis untuk kelancaran pengembalian pembiayaan di Bank BNI Syariah Cabang Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Agung purwanto_F04214043 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola, fungsi kinerja collection dengan trend analysis dan strategi terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Menjadi penting untuk diteliti bagaimana upaya tenaga collection dalam melancarkan pengembalian pembiayaan. Penelitian ini menggunakan data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui wawancara kepada manajer operasional bank BNI Syariah Cabang Surabaya dan kepala divisi collection BNI Syariah Cabang Surabaya. Kemudian ditambah dengan data yang berupa SOP (standart operating procedure) dan data data NPF (non performance financial) dua tahun terakhir. Dengam metode Field research atau kajian lapangan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa sudah berbagai strategi dilakukan oleh pihak BNI Syariah Cabang Surabaya upaya kelancaran pengembalian pembiayaan selalu ada setiap tahun. Meskipun faktor penyebab terjadinya pembiayaan macet meliputi karakter nasabah, masalah ekonomi nasabah. Oleh sebab itu, kelancaran pengembalian pembiayaan harus dimaksimalkan agar tidak menimbulkan kerugian. Salah satu bentuk strategi yang dilakukan oleh divisi collection BNI Syariah Cabang Surabaya adalah 1) jika berhubungan karakter debitur hal yang dilakukan adalah Pengintensifan kunjungan ketempat tinggal dan usaha debitur, melakukan pendekatan persuasif, memberikan tenggang waktu kepada nasabah. 2) jika berhubungan dengan masalah ekonomi pihak divisi collection BNI Syariah Cabang Surabaya akan melakukan rescheduling (penjadwalan kembali) dengan dasar kesepakatan bersama, dan yang terakhir melakukan lelang jaminan demi kelancaran pengembalian asset bank. Demikian adanya trend analysis tidak masuk dalam upaya melancarkan pengembalian pembiayaan melainkan kecepatan dalam rescheduling (penjadwalan kembali) atau restrukturisasi. Kinerja BNI Syariah Cabang Surabaya sesudah diterapkannya strategi dalam upaya kelancaran pengembalian pembiayaan mengalami keberhasilan dengan melihat data terakhir NPF (non performance financial) dua tahun terakhir. Keterbasan penelitian ini terdapat kekurangan dalam mengulas trend analysis secara jauh dalam peruntukannya terhadap kelancaran pengembalian pembiayaan. Perbankan sebaiknya memasukkan tren analysis dalam upaya melancarkan pengembalian pembiayaan sehingga terdeteksi secara pasti dan mengurangi biaya-biaya yang ditanggung nasabah dalam rescheduling (penjadwalan kembali) atau restrukturisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Purwanto, AgungagungUINSA@gmail.comF04214043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRitonga, IskandarUNSPECIFIED196506151991021001
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kinerja collection; strategi divisi collection; kelancaran pengembalian pembiayaan
Divisions: Program Magister > Ekonomi Islam
Depositing User: agunug purwanto
Date Deposited: 24 Feb 2023 03:27
Last Modified: 24 Feb 2023 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58673

Actions (login required)

View Item View Item