Pengaruh halal awareness dan kondisi darurat Covid-19 terhadap keputusan penggunaan vaksin covid-19 Astrazeneca Dimoderasi Religiusitas Di Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arviansyah, Mochamad (2022) Pengaruh halal awareness dan kondisi darurat Covid-19 terhadap keputusan penggunaan vaksin covid-19 Astrazeneca Dimoderasi Religiusitas Di Desa Kaliombo Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mochamad Arviansyah_G74218097.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pengambilan keputusan merupakan suatu kegiatan memilih satu pilihan yang paling sesuai dari sejumlah pilihan yang tersedia. Hal ini terjadi pada semua kegiatan termasuk dalam pengambilan keputusan penggunaan vaksin covid-19 astrazeneca. Didalamnya melalui berbagai proses dan melibatkan berbagai faktor seperti halal awareness, kondisi darurat covid-19 dan religiusitas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh ketiga variabel tersebut terhadap keputusan penggunaan vaksin covid-19 astrazeneca. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif. Jumlah populasi penelitian ini sebanyak 155 orang. Sementara, sampel sebanyak 112 orang yang diambil dengan metode simple random sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan uji t, uji f, regresi linier berganda dan moderate regression analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel halal awareness secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan vaksin covid-19 astrazeneca, variabel kondisi darurat covid-19 secara parsial tidak berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap keputusan penggunaan vaksin covid19 astrazeneca, variabel halal awareness dan kondisi darurat covid-19 secara simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan penggunaan vaksin covid-19 astrazeneca sebesar 14,5%. Sementara itu, variabel religiusitas berperan sebagai variabel moderasi prediktor pada hubungan antara variabel halal awareness dan kondisi darurat covid-19 terhadap keputusan penggunaan vaksin covid-19 astrazeneca. Saran yang dapat diberikan bagi peneliti lain agar menggunakan atau menambah variabel bebas lain yang belum digunakan pada penelitian ini, tetap berpegang teguh pada syariat yang telah ditetapkan oleh agama dalam segala hal bagi masyarakat, dan bagi pemerintah agar mempertimbangkan aspek agama dalam membuat berbagai macam kebijakan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arviansyah, Mochamadarviansyah.mochamad@gmail.comG74218097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Subjects: Ekonomi Islam
Vaksinasi
Keywords: Halal awareness; kondisi darurat covid-19; religiusitas; keputusan penggunaan; vaksin covid-19 Astrazeneca
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mochamad Arviansyah
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:50
Last Modified: 05 Jan 2023 04:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58689

Actions (login required)

View Item View Item