Kritik Islam salafi dalam buku teologi muslim puritan karya Arrazy Hasyim : analisis teori hermeneutika Hans George Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Indrawati, Desy (2022) Kritik Islam salafi dalam buku teologi muslim puritan karya Arrazy Hasyim : analisis teori hermeneutika Hans George Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Desy Indrawati_E21216073.pdf

Download (23MB)

Abstract

Salafi> merupakan bagian yang cukup problematik dan kontroversi. Selain karena Salafi dipandang berlainan manhaj, juga karena adanya berbagai macam aliran yang bersebrangan namun sama-sama mengusung konsep salafi dengan jargon “kembali kepada al-Qur’an dan Hadis”. Maka hal ini cukup menarik untuk dikaji. Tulisan ini hadir untuk melihat salafi lebih jauh melalui buku yang ditulis oleh Arrazy Hasyim berjudul “Teologi Muslim Puritan; Genealogi dan ajaran salafi”. Disusun rumusan masalah: Apa yang dimaksud dengan Islam Salafi> dalam buku Teologi Muslim Puritan karya Arrazy Hasyim? Kedua, Bagaimana Karakteristik nalar kritis Arrazy Hasyim dalam buku Teologi Muslim Puritan dari sudut pandang teori hermeneutika Hans George Gadamer? Secara metodologi, penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan, dengan metode deskriptif analitis. Menggunakan pendekatan teori hermeneutika Hasn George Gadamer. Pada penelitian ini ditemukan bahwa: Pertama, Islam Salafi, merupakan gerakan yang menyalurkan semangat kembali kepada kejayaan masa lalu, yaitu tiga abad permulaan Islam yang disebut thalathat al-qurun al-awa’il (sahabat, tabi’in dan tabi’it tabiin) Orang-orang yang hidup di zaman tersebut biasa disebut dengan al-Salaf al-Saliḥ. Kedua, Melalu analisi hermeneutika Hans George Gadamer ditemukan bahwa karya Arrazy Hasyim masuk dalam sistematis filsafat hermeneutik Gademer, yaitu prapemahaman (pre-understanding) teori Wirkung Geschicht Liches Bewusstsein; Historically Effected (kesadaran keterpengaruhan oleh sejarah). Sehingga dari teori ini ditemukan bahwa Arrazy cukup sistematis dalam mengkritisi Salafi sebagai gerakan puritan. Aspek-aspek yang menjadi dasar pembahasan Arrazy berangkat dari redefinis salafi sebagai puritan yang masuk dalam pembahasan prapemahaman (pre-understanding). Kemudian dialektika salafi sebagai gerakan puritan dari aspek geneologi menjadi bagian analisis dari aspek teori Wirkung Geschicht Liches Bewusstsein; Historically Effected (kesadaran keterpengaruhan oleh sejarah).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Indrawati, Desybkldesi8@gmail.comE21216073
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUdin, Nur Hidayat Wakhidnhwahiduddin@gmail.com2026118001
Subjects: Filsafat > Filsafat Agama
Keywords: Islam salafi; Islam puritan; Arrazy Hasyim
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Desy Indrawati
Date Deposited: 05 Jan 2023 04:30
Last Modified: 05 Jan 2023 04:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58691

Actions (login required)

View Item View Item