Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri pasangan tuna wisma di Liponsos (Lingkungan Pondok Sosial) Keputih Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Oktaviani, Mega (2022) Analisis hukum Islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri pasangan tuna wisma di Liponsos (Lingkungan Pondok Sosial) Keputih Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mega Oktaviani_C91216105 ok.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Analisis Hukum Islam terhadap Pelaksanaan Hak dan Kewaiban Suami Istri Pasangan Tuna Wisma di LIPONSOS (Lingkungan Pondok Sosial) Keputih Surabaya”. Merupakan sebuah penelitian empiris yang akan menjawab pertanyaan dari rumusan masalah, yaitu: 1. tentang bagaimana pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri pasangan tuna wisma di LIPONSOS (Lingkungan Pondok Sosial). Dan tentang analisis hukum islam terhadap pelaksanaan hak dan kewajiban suami istri pasangan Tuna Wisma di LIPONSOS (Lingkungan Pondok Sosial). Penelitian ini merupakan jenis penelitian lapangan (Field Research). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif untuk menganalisa hak dan kewajiban suami istri pasangan tuna wisma di LIPONSOS (Lingkungan Pondok Sosial) dengan perspektif hukum Islam menurut al-Quran. Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui wawancara dan dokumentasi. Sumber data primer dari penelitian ini adalah hasil wawancara dari pasangan suami istri tuna wisma, pegawai, staf, serta orang-orang yang tinggal di LIPONSOS (Lingkungan Pondok Sosial) di Surabaya. Dan sumber data sekunder nya meliputi kepustakaan yaitu buku, kitab, dan lain sebagainya yang berkaitan dengan tema dari penelitian ini. Penelitian ini berisi tentang bagaimana pelaksanakan hak dan kewajiban suami istri agar terciptanya keluarga yang sakinah, mawaddah, dan rahmah serta keharmonisan dalam berkeluarga. Disini juga dijelaskan bagaimana kehidupan pasangan suami istri tuna wisma yang tidak bisa menjalankan hak dan kewajiban sebagai suami istri seperti orang pada umumnya karena kekurangan yang mereka alami. Dari penelitian ini komparasi antara Undang-Undang Dasar dan Kompilasi Hukum Islam dapat menjadi tolak ukur atau kesesuaian antara suami istri dalam memahami hak dan kewajiban yang mengatur serta mengurus urusan rumah tangga sesuai dengan kondisi mereka masing-masing namun tetap pada acuan hukum .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Oktaviani, Megamegaoktaviani231097@gmail.comC91216105
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKhoiroh, Muflikhatulmuflikhakhoiroh@gmail.com2016047002
Subjects: Hukum Islam > Perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Mega Oktaviani
Date Deposited: 02 Jan 2023 03:27
Last Modified: 02 Jan 2023 03:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/58701

Actions (login required)

View Item View Item